Apa Itu SEO, SEM, dan SMM? Inilah strategi Digital Marketing Masa Kini!

Apa Itu SEO, SEM, dan SMM? Inilah strategi Digital Marketing Masa Kini!

Calon digital marketer, sudah tahu belum apa itu SEO, SEM, dan SMM? SEO, SEM, dan SMM adalah istilah penting dalam dunia digital marketing. Ketiganya menjadi bagian yang tidak dapat terlepaskan satu sama lain. Sebenarnya, apa itu SEO, SEM, dan SNM? Yuk kita bahas bersama kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara – INSTIKI!

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah teknik mengelola website agar mampu bekerja secara optimal dan mendapatkan peringkat paling atas pada mesin pencarian (search engine), seperti Google. SEO dapat diibaratkan sebuah strategi yang berfokus pada peningkatan ranking dalam hasil pencarian organik, alias tidak berbayar.

Mengapa perusahaan perlu meningkatkan posisi atau ranking situsnya dalam search engine? Sebab, dengan mendapatkan peringkat atas, tentunya prospek untuk menemukan situs tersebut menjadi lebih mudah. Awareness serta engagement dari  berbagai kampanye marketing perusahaan pun akan meningkat dan secara langsung berimbas pada misi penjualan bisnis yang ingin dicapai.

Terdapat empat jenis SEO, yaitu:

  • On-page SEO: Berfokus pada optimisasi konten website yang dapat diubah dan dimaksimalkan, termasuk struktur, copy, keyword volume, sampai topik artikel.
  • Off-page SEO: Marketer meningkatkan kualitas SEO yang terdapat dalam luar situs. Misalnya jumlah dan kualitas tautan yang memuat link ke website perusahaan.
  • Technical SEO: Perusahaan dan developer meningkatkan kualitas teknis dari situs perusahaan, seperti kecepatan loading, struktur, dan UX website.
  • Local SEO: Berfokus dalam memperbaiki kualitas SEO agar lebih ramah terhadap komunitas dan lokasi bisnis, seperti memberikan foto produk, alamat, serta ulasan pelanggan.

Apa Itu SEM?

SEM atau Search Engine Marketing adalah sebuah strategi marketing dengan cara mengoptimalisasi dan mengiklankan website agar muncul di halaman teratas mesin pencarian. Strategi SEM seperti ini biasanya merujuk pada paid search atau pay-per-click (PPC) marketing dan biasanya Google Ads adalah salah satu sarana untuk menggunakan strategi SEM.

Jika sebelumnya SEO mendapatkan traffic secara organik dan gratis, berbeda dengan SEM yang mendapatkan traffic berdasarkan pemasangan iklan yang berbayar.

Apa Itu SMM?

Social Media Marketing (SMM) adalah metode untuk memaksimalkan kunjungan di sebuah website dengan memaksimalkan fungsi iklan digital melalui media sosial. Media sosial saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan setiap orang, dan hampir setiap orang pasti mengakses media sosial.

Tren ini dimanfaatkan oleh para kreator dan marketer untuk memasarkan kontennya melalui media sosial sehingga potensi kunjungan ke website mereka juga akan semakin meningkat.

Misalnya, website berita seperti detik.com, kompas, dan lainnya memiliki media sosial untuk mengiklankan kontennya. Orang-orang lebih suka membaca berita melalui media sosial, karena itu perusahaan-perusahaan media berita tersebut biasanya membagikan kontennya ke media sosial lalu menautkan link website mereka agar bisa dikunjungi.

Pelajari SEO, SEM, dan SMM di Program Studi Bisnis Digital INSTIKI

Kampus bisnis terbaik di Balidan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, sebuah perguruan tinggi terkemuka yang ada di pusat Kota Denpasar, Bali memiliki program studi Bisnis Digital.

Program Studi ini mempelajari ilmu manajemen bisnis yang digabungkan dengan canggihnya teknologi. Pelajari materi umum, seperti Manajemen Keuangan, Pemasaran, SDM, Operasional, sampai Pengantar Manajemen Bisnis dalam satu jurusan ini. Selain itu, kamu akan mempelajari materi khusus, seperti Kewirausahaan Digital, Pemasaran Digital, E-Commerce, Etika Bisnis, hingga Analisa Bisnis Digital.

PENGUMUMAN LAINNYA