Apa Tips Bertahan Hidup Bagi Mahasiswa Rantau?

Apa Tips Bertahan Hidup Bagi Mahasiswa Rantau?

Memutuskan kuliah di luar kota dan jauh dari orangtua memang bukan keputusan mudah. Mahasiswa perantauan seringkali merasakan kesulitan beradaptasi saat awal hidup sendiri jauh dari keluarga.

Faktor paling dirasakan oleh mahasiswa perantauan biasanya adalah terkait keuangan dan kesepian. Nah berikut ini ada sejumlah tips bagi kamu mahasiswa perantauan untuk bisa bertahan hidup. Berikut uraian sejumlah tips bertahan hidup bagi mahasiswa perantauan:

Memilih tempat tinggal

Saat memutuskan merantau hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah tempat tinggal. Apabila punya saudara atau kerabat di kota tempatmu tinggal mungkin masih bisa untuk tahap awal menumpang sehingga tidak perlu repot memikirkan biaya sewa kost maupun kontrakan.

Apabila tidak memiliki saudara atau kerabat, berarti kamu harus menyewa kost. Kamu bisa memutuskan untuk mencari kost yang letaknya dekat dengan kampus. Selain memudahkan, memilih kost dekat kampus juga dapat lebih menghemat biaya transport. Kamu bisa berjalan kaki atau yang punya kendaraan bisa menghemat bensin.

Menabung

Salah satu kemampuan yang harus diasah oleh mahasiswa adalah kemampuan dalam mengatur uang khususnya menabung. Banyak mahasiswa yang masih mengandalkan ‘subsidi’ orangtua untuk keperluan sehari-hari.

Kamu mahasiswa wajib menabung sehingga terhindar dari yang namanya selalu meminta uang ke orangtua. Kamu juga perlu menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak selalu bergantung kepada orang tuamu. Cara menabung adalah dengan memutuskan untuk membawa bekal makanan dan minuman.

Bayangkan saja, jangankan makan, membeli minum saja perlu mengeluarkan biaya yang lumayan banyak apabila membeli setiap harinya. Harga air mineral berkisar dari Rp 4.000-Rp 5.000. Coba membawa botol minuman sendiri dan hitung berapa uang yang bisa kamu tabung dalam satu bulan.

Ikut Organisasi Kemahasiswaan

Semua kampus memiliki organisasi kemahasiswaan mulai dari kesenian, olahraga hingga kegiatan keagamaan. Mengikuti organisasi kemahasiswaan banyak manfaatnya. Daripada kamu kesepian di kost lebih baik mengikuti kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan. Selain punya kegiatan positif, mengikuti organisasi kemahasiswaan juga sangat bermanfaat untukmu setelah lulus. Banyak perusahaan yang melihat pengalaman pelamar dalam mengikuti organisasi kemahasiswaan.

Cari pekerjaan sampingan

Mencari pekerjaan sampingan bertujuan untuk mencari penghasilan. Saat ini, banyak sekali pekerjaan yang menerima mahasiswa untuk bekerja secara paruh waktu. Kamu bisa bekerja pada malam hari saat selesai kuliah. Kamu bisa bekerja sebagai barista, pelayan restoran/kafe. Apabila kamu memiliki skill sudah pula saatnya untuk menjadikan skillmu menjadi uang. Kamu memiliki skill menggambar bisa membuka jasa desain logo dan sebagainya.

Semoga tips di atas bisa menjadi masukan untukmu dapat bertahan hidup sebagai mahasiswa perantauan . Salah satu yang dirasa sulit adalah mencari pekerjaan sampingan. Banyak yang berpikir bahwa akan mengalami kesulitan membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Namun, hal itu bisa diatasi. Salah satunya adalah dengan memilih kampus yang tepat.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia yang merupakan Kampus IT di Bali memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah. Hal ini diceritakan oleh salah satu mahasiswa dari kampus swasta di Bali ini. Salah satu mahasiswa yang bekerja secara reguler adalah Septian Rimba Angkasa. Rimba, sapaan akrabnya, merupakan mahasiswa Teknik Informatika peminatan Desain Grafis dan Multimedia INSTIKI angkatan 2017.

Rimba bekerja sebagai admin media sosial di perusahaan media Radar Bali yang terletak di Jl Hayam Wuruk, Denpasar. Bekerja sejak tahun 2019, Rimba bertugas membagikan berita-berita yang ada di situs Radar Bali ke media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

“Untuk caption di media sosial saya menyalin beberapa paragraf dari berita untuk caption di media sosial Radar Bali,” Cerita Rimba menjelaskan alur kerja sebagai admin media sosial, Sabtu (13/2/2021).

Rimba menjelaskan bekerja sebagai admin media sosial memang memiliki waktu kerja yang fleksibel. Untuk mengunggah berita ke media sosial tak perlu datang ke kantor karena bisa mengerjakannya melalui smartphone.

Apalagi ditambah kebijakan Work From Home (WFH) yang membuat jam kerja bertambah fleksibel. Meski begitu, suatu ketika, Rimba bercerita pernah terjadi ‘bentrok’ antara jam kuliah dengan pekerjaan. Saat itu, dia harus menghadiri rapat di kantor. Namun, dosen INSTIKI memang memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk bekerja.

“Saya absen dulu di mata kuliah tersebut selang beberapa menit saya meminta izin ke dosennya karena ada keperluan di kantor dan untungnya dosennya mengizinkan jadi kuliah di INSTIKI ini istilahnya nggak terlalu ribet. Jadi lebih mudah mengatur waktu antara kuliah dan kerja,” kata Rimba.

Lewat fleksibilitas yang diberikan oleh pihak kampus, Rimba berujar dapat dengan mudah membagi waktu sehingga dapat tetap fokus meski ‘hidup’ di dua dunia antara bekerja dengan kuliah. “Sangat menguntungkan jadi tak hanya terfokus di kuliah atau di kerja jadi bisa membagi waktu dengan baik.”

Kamu sudah bekerja namun ingin berkuliah? INSTIKI bisa kamu jadikan kampus pilihanmu untuk menimba ilmu. INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA