4 Tips Agar Bisnis Online Semakin Menguntungkan

4 Tips Agar Bisnis Online Semakin Menguntungkan

Buat kamu yang sedang merintis bisnis online, INSTIKI punya 4 tips and tricks untuk bisnis online-mu agar semakin menguntungkan!

Memulai berbisnis tidak hanya memerlukan modal finansial, tetapi juga kreativitas dan mental yang kuat. Berikut adalah tips and tricks untuk mengembangkan usaha dan meraih kesuksesan diawal merintis bisnis, simak ya!

Atur Strategi Perencanaan Bisnis

Tips yang pertama adalah memastikan bahwa bisnismu punya perencanaan bisnis yang tepat. Dengan strategi dan segmentasi pasar yang tepat, kamu dapat mengukur peluang dalam niche market.

Dengan menentukan niche market se-spesifik mungkin, kamu berpeluang untuk menarik pembeli sebanyak mungkin. Sebab, pembeli cenderung tidak menemukan apa yang mereka butuhkan di tempat lain. Kamu juga tidak perlu bersaing dengan kompetitor yang lebih umum, sehingga kamu dapat segera menemukan pelanggan yang loyal terhadap bisnismu.

Pisahkan Rekening Usaha dengan Rekening Pribadi

Aturlah keuangan usaha dengan memisahkan rekening khusus usaha dan pribadi. Ini membantumu memantau secara jelas modal, penghasilan, dan pengeluaran usaha. Pisahkan uang pribadi dan usaha agar cashflow tetap lancar tanpa memengaruhi keuangan pribadi.

Kembangkan Konten Kreatif dan Live di Media Sosial

Konten kreatif adalah strategi promosi yang efektif di era ini . Buat konten yang sesuai dengan identitas brand dan sesuaikan dengan platformnya. Posting foto kreatif di Instagram dan video menarik di TikTok dapat meningkatkan daya tarik produk kamu. Konten yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjual produk secara online. Selain membuat konten, kamu juga bisa maksimalkan dengan live di media sosial seperti TikTok ataupun Instagram, nih!

Buat Promo Menarik

Siapa sih yang nggak suka promo? Promo yang menarik dapat mendorong para calon pembeli untuk berbelanja di platform online yang kamu kelola, seperti Shopee, Tokopedia, ataupun yang lainnya.

Eits, kamu juga perlu memikirkan strategi agar pembeli tersebut jadi pelanggan tetap. Jangan sampai pembeli datang hanya saat promo saja. Jika begitu, kamu perlu usaha yang lebih ekstra agar keuntungan yang ada dapat menutupi biaya promo.

Supaya pembeli jadi langganan tetap, kamu perlu memperhatikan ‘after sales‘. Misalanya, kamu bisa menawarkan program loyalitas seperti kartu member agar pembeli kembali bertransaksi di bisnismu, mengembangkan produkmu kembali, menjaga kualitas produk, dan yang lainnya dengan tujuan agar pelanggan dapat semakin loyal kepada bisnismu.

Itulah tips and tricks dari kampus bisnis terbaik di Bali – Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). Kamu pengen makin jago berbisnis di era digital ini? Salah satu cara terbaik untuk menguasai seluk-beluk bisnis digital, adalah dengan melanjutkan studi di jurusan S1 Bisnis Digital di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Baca juga: Yuk Mengenal Lebih Dalam Program Studi Bisnis Digital INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA