Kerja Sama BRIDA Bali Bersama INSTIKI Bangun Sistem Pengamanan Pratima Berbasis IoT, FGD Sukses Digelar!

Kerja Sama BRIDA Bali Bersama INSTIKI Bangun Sistem Pengamanan Pratima Berbasis IoT, FGD Sukses Digelar!

Dalam upaya perlindungan benda pusaka (Pratima) serta mendukung Peraturan Gubernur Bali No.25 Tahun 2020, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali bekerja sama dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalui Swakelola Kajian atau Penelitian Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT).

Atas tindak lanjut dari kerja sama tersebut, telah diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) ke-1 pada Senin (24/07/2023) bertempat di Aula INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali.

Acara diawali dengan sambutan dari Rektor INSTIKI I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T, sambutan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan BRIDA Provinsi Bali, Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H yang sekaligus membuka FGD secara resmi.

FGD Secara Resmi Dibuka oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan BRIDA Provinsi Bali, Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H

“Pemerintah Provinsi Bali memberikan penguatan terhadap eksistensi desa adat salah satunya dalam bentuk penguatan desa adat yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali No.25 Tahun 2020 tentang Fasilitasi Pelindungan Pura, Pratima, dan Simbol Keagamaan sebagai salah satu bentuk implementasi diperlukan langkah nyata terutama dalam perlindungan pura dan Pratima,” tegas Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H.

“Sering terjadi pencurian Pratima dan kejahatan lain yang dapat menodai kesucian pura sehingga perlu dilakukan kajian penelitian terhadap perlindungan Pratima di Bali. Dengan adanya kajian ini akan menjadi langkah yang sangat strategis dalam melindungi Pratima di Bali,” sambungnya.

Pemaparan Materi oleh Tim Pelaksana Swakelola INSTIKI yang Diwakilkan Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si selaku narasumber. Beliau merupakan Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa sekaligus Ketua Paruman Walaka PHDI Provinsi Bali. Selanjutnya disambung dengan pemaparan materi oleh Tim Pelaksana Swakelola INSTIKI yang diwakilkan oleh Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T.

FGD turut dihadiri oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Tim Pengendali Mutu BRIDA Provinsi Bali, serta Tim Pengawas Swakelola Penelitian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi pada BRIDA Provinsi Bali. Kegiatan FGD diakhiri dengan sesi diskusi sebagai bahan masukan, saran, dan tindak lanjut.

Diharapkan dengan terselenggaranya FGD melalui dialog terbuka dan diskusi interaktif ini, dapat menghasilkan saran dan solusi yang inovatif dalam membangun Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT).

Baca juga: BRIDA Provinsi Bali Tunjuk INSTIKI Bangun Sistem Keamanan Berbasis IoT & AI untuk Lindungi Pratima di Bali

Focus Group Discussion (FGD) ke-1

PENGUMUMAN LAINNYA