2 Inovasi Teknologi Ciptaan Dosen INSTIKI Raih Pendanaan dari Kemendikbudristek RI!

Tim Peneliti “Implementasi Teknologi Iot Based System Produksi Ikan Kering Hemat Energi Pada Kelompok Nelayan Seraya Timur, Karangasem, Bali” (dari Kiri ke Kanan: Ir. I Komang Arya Ganda Wiguna, S.Kom., M.Cs, Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T)

Ciptakan solusi mutakhir, inovasi teknologi karya dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) berhasil meraih Pendanaan Program Penelitian Lanjutan yang Didanai Tahun Anggaran 2023!

Berdasarkan surat nomor 0162/E5.4/DT.05.00/2023 tertanggal pada Senin (06/03/2023), dua penelitian karya dosen INSTIKI berhasil meraih Pendanaan Program Penelitian Lanjutan yang Didanai Tahun Anggaran 2023 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Dua penelitian karya dosen INSTIKI tersebut ialah “Implementasi Teknologi Iot Based System Produksi Ikan Kering Hemat Energi Pada Kelompok Nelayan Seraya Timur, Karangasem, Bali” karya dosen INSTIKI Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T dan Ir. I Komang Arya Ganda Wiguna, S.Kom., M.Cs, serta penelitian yang berjudul “Pengembangan Augmented Reality Dan Virtual Reality Dalam Digitalisasi Lontar Prasi Bali Menuju Metaverse” karya I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs, Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom, bersama dengan Christina Purnama Yanti, S.Kom., M.Kom.

“Kami membuat Lontar Prasi Bali berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Karena Lontar Prasi itu tidak ada teksnya, tidak ada aksaranya, namun berbentuk lukisan. Jadi, ada dua inovasi dalam satu penelitian kami. Pertama, menggunakan AR, jadi ketika Lontar Prasi di scan, maka dapat memvisualisasikan karakter sesuai cerita yang ada beserta narasinya,” jelas I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs, Ketua Peneliti Pengembangan Augmented Reality Dan Virtual Reality Dalam Digitalisasi Lontar Prasi Bali Menuju Metaverse.

Sementara, VR-nya dapat menjelajahi museum virtual yang nantinya di dalam museum virtual itu ada Lontar Prasi Bali, kemudian ada penjelasan dari lontar tersebut,” lanjutnya.

Tim Peneliti “Pengembangan Augmented Reality Dan Virtual Reality Dalam Digitalisasi Lontar Prasi Bali Menuju Metaverse” (dari Kiri ke Kanan: Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom, Christina Purnama Yanti, S.Kom., M.Kom, bersama dengan I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs)

Sebagai tindak lanjut atas diraihnya pendanaan, para penerima pendanaan telah melakukan penandatanganan Kontrak Pelaksanaan Program Penelitian Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2023 pada Senin (08/05/2023). Kegiatan penandatanganan kontrak dilakukan untuk pelaksanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk dalam proses pengelolaan dana yang diterima.

Sebagai salah satu penerima pendanaan, I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs menyampaikan rasa syukur dan bahagianya bersama tim karena dapat menjadi penerima pendanaan yang sekaligus dipercaya ikut serta dalam pelestarian budaya dan membantu masyarakat khususnya UMKM pengerajin lontar di Bali melalui teknologi.

“Kedepannya, sesuai dengan role map penelitian kami yang mengarah kepada metaverse. Jadi, AR dan VR ini adalah teknologi masa depan yang diharapkan dapat memperkenalkan dan melestarikan Lontar Prasi Bali serta membantu masyarakat khususnya UMKM pengerajin lontar di Bali,” tutupnya.

PENGUMUMAN LAINNYA