Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Digelar di Kampus INSTIKI

Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Digelar di Kampus INSTIKI

Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) sukses diselenggarakan di kampus Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) pada Kamis (25/04/3024) hingga Jumat (26/04/2024) bertempat di Aula INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor I INSTIKI, Aniek Suryanti Kusuma, M.Kom yang sekaligus membuka Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) secara resmi. Dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan LLDikti Wilayah VIII, I Ketut Wenten, pada Kamis (25/04/3024).

Sambutan Wakil Rektor I INSTIKI, Aniek Suryanti Kusuma, M.Kom

Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) menghadirkan dua narasumber berpengalaman, yaitu Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Darmawan, MS dan Dr. Ir. Nyoman Utari Vipriyanti, M.Si. Kehadiran kedua narasumber ini merupakan upaya dalam memberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas dan mutu INSTIKI terkait dengan Audit Mutu Internal (AMI). Acara ini turut dihadiri oleh pimpinan beserta jajaran di lingkungan kampus INSTIKI.

Narasumber pertama, Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Darmawan, MS, menggarisbawahi pentingnya Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sebagai kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Beliau menjelaskan secara rinci mengenai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI)

Lebih lanjut, dijelaskan pula tentang Audit Mutu Internal (AMI) sebagai proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di perguruan tinggi sesuai prosedur dan standar yang ditetapkan. AMI bukanlah asesmen atau penilaian, melainkan pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan atau program.

Prof. Dr. drh. Nyoman Sadra Darmawan, MS Menyampaikan Pembahasannya

Dr. Ir. Nyoman Utari Vipriyanti, M.Si, sebagai narasumber berikutnya, membahas Teori Perencanaan dan Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Beliau menegaskan bahwa perencanaan AMI yang baik akan menentukan kualitas dan efektivitas pelaksanaan audit.

Audit Mutu Internal (AMI) turut memberikan dampak positif, mulai dari hasil Audit Mutu Internal (AMI) menjadi peluang untuk perbaikan mutu perguruan tinggi yang berdasarkan fakta di lapangan, dapat melahirkan kebijakan pimpinan untuk pemenuhan terhadap ketidaksesuaian Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), serta dapat melahirkan perbaikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di perguruan tinggi.

Dr. Ir. Nyoman Utari Vipriyanti, M.Si Menyampaikan Pembahasannya di Hari Kedua, Jumat (26/04/2024)

Dengan digelarnya Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) di kampus INSTIKI, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman, menghasilkan layanan yang memenuhi standar dan mutu yang telah ditetapkan, serta meningkatkan mutu perguruan tinggi INSTIKI melalui Audit Mutu Internal (AMI) yang berencana dan berkelanjutan. –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA