Apa itu Marketing Mix? Mengenal Marketing Mix 7P!

Apa itu Marketing Mix? Mengenal Marketing Mix 7P!

Dalam dunia marketing, kamu pasti sudah akrab dengan istilah marketing mix atau bauran pemasaran. Marketing mix adalah konsep penting dalam dunia pemasaran atau marketing yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang akademisi bernama Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.

Awalnya, konsep ini dikenal juga sebagai bauran pemasaran atau 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun, seiring berjalannya waktu, konsep marketing mix berkembang menjadi 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Dalam artikel ini, yuk kita bahas lebih mendalam tentang 7P ini bersama kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Product (Produk)

Konsep pertama marketing mix adalah produk.Produk adalah inti dari marketing mix. Produk dapat berupa barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Dalam membuat produk, sangat penting untuk melakukan riset pasar agar sesuai dengan target konsumen yang dituju.

Price (Harga)

Harga ialah nilai tukar yang diberikan konsumen untuk memperoleh produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Harga harus sesuai dengan nilai produk dan mampu bersaing dengan harga produk sejenis di pasaran. Penentuan harga juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya produksi, margin keuntungan, dan strategi pemasaran.

Place (Tempat)

Tempat mengacu pada distribusi produk atau cara bagaimana produk sampai ke tangan konsumen. Hal ini meliputi strategi lokasi penjualan, kanal distribusi, kebijakan penyimpanan dan pengiriman produk. Perusahaan harus memastikan produk dapat dijangkau oleh konsumen dengan mudah dan efektif. Sama halnya jika kamu memiliki website untuk memasarkan produk. Pastikan website kamu dapat dengan mudah dinavigasikan oleh konsumen.

Promotion (Promosi)

Promosi adalah semua aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya, seperti kegiatan mengiklankan priduk, promosi penjualan, public relations, dan pemasaran langsung. Tujuan promosi adalah untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong pembelian.

People (Orang)

People adalah semua orang yang terlibat dalam bisnis tersebut, termasuk di dalamnya terdapat karyawan maupun pelanggan. Perusahaan harus memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam bisnis seperti karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.

Process (Proses)

Dalam marketing mix, sistem dan proses memegang peranan penting untuk membangun dan dan layanan terbaik kepada konsumen. Proses mencakup semua prosedur dan kebijakan yang diterapkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Proses yang baik dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan, serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence mencakup semua bukti fisik yang dapat membantu konsumen memahami produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan yang meliputi fasilitas fisik, merek, desain kemasan, dan lainnya. Perusahaan harus memastikan bahwa semua bukti fisik yang diberikan menunjukkan kualitas dan profesionalisme yang baik.

Dalam menerapkan marketing mix, perusahaan harus mempertimbangkan semua elemen 7P tersebut agar seimbang dan strategis. Setiap elemen saling berkaitan satu sama lain.

Untuk mempelajari setiap bagian penting dalam dunia marketing memang susah-susah gampang, apalagi untuk memperdalam skill dalam dunia marketing hingga menjadi profesional yang expert di bidang ini. Belajar secara otodidat saja tidak cukup, kamu perlu mendapatkan pendampingan dan belajar bersama ahlinya. Salah satu cara terbaik belajar dunia marketing adalah dengan berkuliah di Bali di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dengan mengambil program studi S1 Bisnis Digital. Pelajari seluk-beluk manajemen bisnis yang digabungkan dengan canggihnya teknologi, dengan materi khusus Kewirausahaan Digital, Pemasaran Digital, E-Commerce, dan masih banyak lagi serta disesuaikan dengan dunia kerja yang sesungguhnya!

Baca juga Yuk Mengenal Lebih Dalam Program Studi Bisnis Digital INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA