Passion yang Dibayar! 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadi Ilustrator!

Ilustrator Dieala Maharanie dengan Karya-karyanya (Sumber: instagram.com/dielamaharanie)

Pernahkah kamu melihat menariknya ilustrasi di buku komik, ilustrasi di game favoritmu, gambar-gambar lucu yang ada di makanan ringan (snack) yang sering kamu beli, ataupun ilustrasi di cover novel yang sering kamu baca? Inilah beberapa hasil karya Ilustrator, civitas INSTIKI – kampus desain terbaik di Bali!

Ilustrator adalah seniman yang berprofesi di bidang seni rupa dengan menciptakan gambar ilustrasi dalam berbagai media. Menurut Prospects, pekerjaan seorang ilustrator adalah membantu menyampaikan cerita, ide, atau pesan menggunakan media visual. Mengulik lebih dalam profesi seorang ilustrator, profesi di bidang industri kreatif yang membutuhkan jiwa out of the box ini ternyata berperan penting dalam berbagai bidang, seperti advertising, perfilman, dunia game, komik, dan masih banyak lagi.

Meskipun sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, ternyata profesi ini memiliki prospek dengan masa depan cerah! Bagaimana tidak, alasan di bawah ini akan membuka pikiranmu bahwa berprofesi menjadi seorang ilustrator adalah pilihan yang paling tepat! Simak artikel ini sampai selesai!

Ilustrator, Sebuah Passion yang Dibayar!

Ilustrasi Hasil Karya Ilustrator Dinda Puspitasari dalam Produk NIVEA (Sumber: instagram.com/dindaps)

“Sebuah passion yang dibayar”, inilah yang mendefinisikan profesi ilustrator. Dengan hobi dan keahlian menggambar alias menciptakan ilustrasi yang dimiliki, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kisaran gaji seorang ilustrator berkisar mulai dari Rp.5 juta sampai Rp.10 juta per bulan yang disesuaikan dengan pengalaman kerja. Namun, angka ini tentu dapat lebih besar tergantung di perusahaan mana kamu bekerja ataupun kesepakatan bersama klien yang kamu handle.

Ilustrator Indonesia dengan Karya yang Mendunia

Naela Ali Sebagai Penulis Buku Sekaligus Ilustrator dalam Buku-buku Karyanya (Sumber: instagram.com/naelaali)

Sudah banyak ilustrator asal Indonesia yang karya-karyanya mendunia. Seperti Naela Ali, ilustrator muda asal Indonesia ini dikenal sebagai ilustrator sekaligus penulis buku yang telah menerbitkan lima buku. Judul buku-bukunya yaitu, Stories of Rainy Days vol. 1, 2, dan 3, Things and Thought I Drew, dan Floating in Space. Gaya ilustrasinya sangat autentik, menggunakan cat air dan marker. Berkat ilustrasinya itu, Naela pun banyak bekerja sama dengan brand-brand ternama.

Ada juga Diela Maharanie, seorang ilustrator profesional Indonesia. Diela terkenal akan karya digitalnya yang sangat berciri khas, yaitu penggunaan warna-warna solid nan eye catching yang memberikan kesan ceria. Salah satu karyanya yang mendunia adalah poster film “Postcards from the Zoo” yang pernah berlomba di Berlin International Film Festival, ia pun banyak bekerja sama dengan berbagai brand sampai menjual hasil karyanya melalui platform NFT.

Peluang Jadi Seniman Profesional yang Dibayar Mahal, Berkarir di Advertising Agency, Hingga di Berbagai Perusahaan Ternama

Dengan kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki sebagai seorang ilustrator, kamu dapat bekerja sebagai seniman prosefesional, berkarir di bidang advertising agency, sampai di berbagai perusahaan ternama, salah satunya seperti di Shopee, Tokopedia, bahkan Google. Kamu suka bikin komik? Bekerja dalam industri komik sangatlah menjanjikan, civitas INSTIKI.

Bekerja Tak Terikat Waktu, Bisa dari Mana Saja dan Kapan Saja!

Ilustrator Indonesia, Naela Ali Bekerja di Studio Pribadinya (Sumber: instagram.com/naelaali)

Ketika kamu memilih menjadi ilustrator profesional yang tidak terikat oleh perusahaan manapun, kamu dapat menentukan sendiri kapan dan di mana kamu bekerja, tentunya dengan fleksibilitas waktu dan tempat. Selain itu, tentukan sendiri klien yang ingin kamu ajak kerja sama ataupun berkolaborasi.

4 situs ini dapat membantumu untuk memulai mendapatkan klien, baca 4 Situs Terbaik untuk Freelancer!

Pengen Jadi Ilustrstor?

Untuk menjadi seorang ilustrator profesional yang menciptakan ilustrasi manual sampai digital, kamu harus menguasai hard skill dan soft skill yang mumpuni. Lalu, bagaimana cara menguasai berbagai skill tersebut? Menempuh pendidikan Strata 1 Desain Komunikasi Visual di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus swasta terbaik di Bali, dapat menjadi langkah awalmu untuk menjadi seorang ilustrator Profesional.

Kuasai kemampuan artistik sampai teknis dalam menggambar manual dan berbagai software mutakhir dalam menciptakan gambar digital di program studi ini. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA