Apa Itu Coding? Belajar Coding Bersama Kampus Teknologi Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara

Apa Itu Coding? Belajar Coding Bersama Kampus Teknologi Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara

Pesatnya perkembangan teknologi membuat profesi programmer dan developer paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, termasuk startup, BUMN, hingga perusahaan multinasional. Profesi ini juga menjadi idaman generasi muda, apa kamu salah satunya?

Buat kamu yang ingin terjun di dunia IT dan meraih karir impian di bidang ini, salah satu skill yang wajib kamu kuasai adalah coding! Yuk pahami dan pelajari coding bersama kampus IT terbaik di Bali, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Apa Itu Coding?

Seperti layaknya manusia, komputer juga memiliki bahasanya sendiri untuk berkomunikasi yaitu menggunakan kode atau bahasa mesin. Struktur bahasa mesin sangatlah sederhana karena hanya terdiri dari dua angka, yaitu 0 dan 1. Inilah yang dinamakan dengan biner.

Kamu bisa saja memberikan instruksi kepada komputer memakai bahasa mesin. Namun, cara ini sangat tidak praktis dan membutuhkan waktu lama. Untuk mengatasi hal itu, lahirlah bahasa pemrograman yang memberi sarana untuk melakukan komunikasi dengan komputer jadi lebih mudah.

Sederhananya, coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Coding merupakan salah satu tindakan dari langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan kata lain coding adalah kegiatan untuk memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan. Kode yang ada pada skrip dapat diibaratkan seperti bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui sekaligus memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan.

Bahasa Pemrograman

Langkah pertama untuk memulai belajar coding adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang ingin kamu buat. Contoh bahasa perograman yang sering dipakai, seperti PHP, Python, Javascript, Java, dan lain sebagianya.

Baca juga Mengenal Lebih Dekat 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler

Setelah Jago Coding, Inilah Profesi yang Bisa Kamu Geluti!

Tahu nggak sih!? Bahwa hampir setiap perusahaan besar di dunia ini pasti membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian coding, termasuk pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perusahaan multinasional yang bergerak di berbagai bidang. Ada banyak profesi yang terbuka luas apabila kamu menguasai coding, seperti:

  • Database Administrator
  • Lead Programmer
  • Software Engineering
  • IT Planning Analyst
  • System Analyst
  • Web Programmer
  • IT Consultant
  • Mendirikan usaha di bidang IT (Technopreneur)
  • Help Desk Analyst
  • Dan masih banyak lagi

Bagaimana Caranya Memulai Belajar Coding?

Kamu pengen jago coding? Salah satu cara terbaik untuk menguasai bahasa pemrograman sekaligus meraih katir impian di bidang IT adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali.

INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding. Program studi Teknik Informatika INSTIKI merupakan program studi yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Pada program studi Teknik Informatika nggak hanya mempelajari berupa konsep dan teori, namun penerapan praktik secara langsung. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA