Belajar Coding! Mengenal Lebih Dekat 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler

Jago Coding! Mengenal Lebih Dekat 5 Bahasa Pemrograman Terpopuler

Kunci sukses bersaing di era digital adalah menguasai coding! Civitas INSTIKI, tahu nggak sih!? Kebutuhan tenaga kerja di sektor Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diproyeksikan akan terus meningkat.

Dilansir dari laporan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pada tahun 2021 jumlah tenaga kerja di sektor TIK tercatat sekitar 1 juta orang. Tiap tahunnya mengalami pertumbuhan hingga mencapai 1,97 juta orang pada tahun 2025. Kemnaker memproyeksikan pekerja IT akan semakin banyak dicari, seperti software engineer, system analysis, programmer, dan lain sebagainya.

Langkah awal untuk berkarir di bidang ini adalah menguasai coding. Coding adalah sebuah aktivitas atau proses menuliskan kode yang harus sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Coding sendiri berbentuk kumpulan kode-kode yang bisa disatukan menjadi sebuah program.

Untuk saat ini, ada beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan. Seperti lima bahasa pemrograman ini! Yuk kita bahas 5 bahasa pemrograman terpopuler bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

PHP

Bahasa pemrograman yang paling terkenal dari berbagai jenis bahasa pemrograman adalah PHP. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor, yaitu bahasa pemrograman yang dipakai dalam pembuatan dan pengembangan web. PHP bukan lagi sekadar untuk membuat halaman web sederhana, website raksasa seperti Facebook, Wikipedia, sampai WordPress juga memakai PHP!

SQL

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang memberikan perintah untuk mengakses dan mengolah data berbasis relasional pada sebuah sistem database. Jadi secara singkat, dapat diartikan SQL adalah Relational Database Management System (RDBMS). Selain itu, SQL juga memiliki kemampuan dalam mengubah, memanipulasi, menghapus, dan mengatur data.

Java

“Write Once, Run Anywhere” adalah slogan yang dimiliki Java, memiliki arti bahwa Java adalah bahasa pemrograman yang mampu dijalankan di berbagai platform tanpa perlu menyesuaikan ulang. Contohnya, dapat dijalankan di Android, Linux, Windows, dan lain sebagainya. Contoh aplikasi yang menggunakan Java adalah Netflix, Spotify, dan Twitter.

Python

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang dapat digunakan di berbagai platform dan memiliki filosofi perancangan berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python termasuk salah satu bahasa populer yang berkaitan dengan Data Science, Machine Learning, dan Internet of Things (IoT). Python bersifat interpretatif, sehingga banyak digunakan dalam prototyping, scripting dalam pengelolaan infrastruktur, sampai pembuatan website berskala besar. Google dan YouTube adalah contoh populer yang menggunakan Python.

Ingin mendalami lima bahasa pemrograman di atas sekaligus berkarir di bidang IT? Salah satu pilihan terbaik agar dapat menjadi professional IT adalah berkuliah di jurusan Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali.

INSTIKI memiliki jurusan S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding. Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan di INSTIKI yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Teknik Informatika INSTIKI tidak hanya mempelajari konsep dan teori saja, jurusan ini pun menerapkan praktik langsung di lapangan. Status program studi Teknik Informatika INSTIKI terakreditasi B dalam surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mengeluarkan surat keputusan No. 3267/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA