Ajang Lestarikan Budaya Bali, UKM Tari & UKM Tabuh INSTIKI Berkolaborasi Gelar Kebus 2022

Perlombaan Tari Topeng Keras Kreativitas Seni dan Budaya INSTIKI

Kreativitas mahasiswa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) memang tak terbatas! Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari dan Tabuh kembali berkolaborasi menggelar acara Kreativitas Seni dan Budaya INSTIKI atau yang dikenal dengan “Kebus.”

Kebus merupakan acara kebudayaan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Di tahun ini, Kebus digelar semarak dengan mengusung tema “Adhimukti Ascarya” yang bermaknakan semangat dan berani melangkah maju melestarikan budaya Bali di masa pandemi Covid-19.

Tiga lomba utama diangkat dalam ajang kreativitas se-Bali ini, yakni Lomba Tari Condong, Teruna Jaya, Tari Topeng Keras, dan Kendang Berpasangan.

Salah Satu Peserta Lomba Tari Condong

Selain menjadi wadah dalam mengekspresikan dan mengeksplor kebudayaan Bali bagi pelaku seni khususnya seniman muda Bali, ajang kreatifitas Kebus ini juga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri. Dengan demikian, budaya Bali akan tetap ajeg, lestari, dan tidak dilupakan oleh anak muda di tengah gempuran budaya asing.

Rentetan acara Kebus dimulai pada Sabtu (16/07/2022) yang menggelar lomba Tari Condong dan Tari Teruna Jaya. Kemudian hari kedua dilaksanakan pada Minggu (17/07/2022) dengan perlombaan Tari Topeng Keras dan Kendang Berpasangan yang bertempat di Wantilan Sewaka Prema Desa Adat Renon.

Adapun peserta yang berhasil meraih juara Tari Condong adalah:
Juara 1 Ni Putu Selvia Madana
Juara 2 Ni Luh Made Masayu Mirah A.
Juara 3 Ni Kadek Tasya Putri

Peserta yang berhasil meraih juara Tari Teruna Jaya:
Juara 1 Nyoman Ratna Witari
Juara 2 Kadek Davina Partiana Putri
Juara 3 Ni Putu Lia Oktaviani

Peserta yang berhasil meraih juara Tari Topeng Keras:
Juara 1 I Made Dendi Dwi Karyana
Juara 2 I Made Arma Wilingga Arsa
Juara 3 I Made Yogi Wijaya Mahendra

Juara lomba Kendang Berpasangan diraih oleh:
Juara 1 Dwi Martha Adi Suryantara, I Made Adi Wiguna
Juara 2 I Made Utama Yoga, I Nyoman Adi Suara
Juara 3 I Ketut Nik Putra Mahendra, I Made Agus Pradnya Diwangga

I Gede Yogi Widiastika selaku Ketua Panitia acara sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Sebagai anak muda Bali, sangat patut untuk ikut melestarikan budaya sendiri, salah satu caranya adalah mengikuti lomba-lomba bertemakan kebudayaan Bali. Selain itu, Ia juga berharap kreativitas Kebus tak hanya sampai di sini, melainkan dapat ditingkatkan lagi.

“Acara seperti ini sangat bagus, semoga tahun-tahun berikutnya Kebus tetap dapat berjalan dan meningkatkan kreativitasnya” pungkasnya.

Sebagai kampus IT terbaik di Bali, INSTIKI tak hanya berfokus pada bidang teknologi dan bisnis saja. Ada banyak kegiatan hingga ajang kompetisi bergengsi yang diadakan oleh kampus swasta terbaik di Bali, yakni di INSTIKI. Salah satunya seperti Kreativitas Seni dan Budaya INSTIKI (Kebus) yang mengangkat indahnya budaya Bali sebagai ajang pelestarian budaya oleh anak muda agar bisa dikenal masyarakat luas!

Yuk kuliah di Bali yakni di INSTIKI! Professional IT entrepreneur campus! Kuliah sambil kerja sangat fleksibel di sini. Pelajari lebih lengkap gimana seru dan unggulnya kuliah sambil kerja di Bali dengan klik di sini!

PENGUMUMAN LAINNYA

Telusuri Artikel Lainnya