Ilustrator dan Desainer Grafis, Apa Bedanya?

Ilustrator dan Desainer Grafis, Apa Bedanya?

Kerap dianggap sama, ilustrator dan desainer grafis ternyata dua profesi yang berbeda!

Kedua profesi ini memang sama-sama menghasilkan karya visual. Akan tetapi, kedua profesi ini memiliki ruang lingkup kerja dan tujuan pembuatan karya yang berbeda. Biar makin paham, yuk bahas dua profesi ini bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

Pahami Definisinya

Contoh Hasil Karya Ilustrator (Sumber: dribbble.com/SAMji_illustrator)

Ilustrator adalah orang yang menciptakan gambar ilustrasi (visual). Sedangkan, desainer grafis adalah orang yang merancang elemen grafis menjadi karya visual.

Hasil Karya

Contoh Hasil Karya Desainer Grafis (Sumber: dribbble.com/elena1337)

Seorang ilustrator adalah seniman yang menghasilkan karya ilustrasi, biasanya bekerja untuk perusahaan ataupun klien. Karya yang dihasilkan, seperti ilustrasi dalam buku, cover buku, album, majalah, komik, dan masih banyak lagi. Sementara, hasil karya desainer grafis berupa logo, poster, konten media sosial, dan lain sebagainya.

Fokusnya Seperti Apa?

Dilansir dari kreativv, llustrator mengkonsepkan ide lalu menuangkannya ke dalam gambar ilustrasi yang punya makna dan estetikanya sendiri. Lain halnya dengan desainer grafis, profesi ini menata elemen seperti gambar, font, label, border, color correction, dan lainnya ke dalam sebuah layout dengan estetik dan fungsional.

Aplikasi Apa yang Bisa Digunakan?

Ilustrator dalam membuat ilustrasi dapat menggunakan software atau aplikasi seperti Adobe Ilustrator. Adobe Ilustrator cukup mumpuni membuat ilustrasi berbentuk vektor karena punya banyak fitur mutakhir. Selain itu, ada pula aplikasi seperti Procreate, ibis Paint X, Adobe Fresco, Medibang Paint, dan masih banyak lagi.

Baca juga 4 Aplikasi Terbaik untuk Membuat Komik

Sementara, seorang desainer grafis dapat menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Figma, hingga Canva. Kamu lebih suka memakai aplikasi yang mana nih, civitas INSTIKI?

Mengawali Menjadi Ilustrator dan Desainer Grafis Bisa dari Jurusan Desain Komunikasi Visual INSTIKI

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terletak di Denpasar, Bali. INSTIKI memiliki jurusan S1 Desain Komunikasi Visual. Telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional, jurusan ini dapat menjadi langkah awalmu menjadi profesional Ilustrator dan Desainer Grafis.

S1 Desain Komunikasi Visual INSTIKI dirancang dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja masa kini, kuliah di Bali di INSTIKI akan mengasah skill-mu sehingga dapat meraih karir impian. Akses informasi lebih lengkap tentang INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali dengan klik di sini.

PENGUMUMAN LAINNYA