Industri SaaS Kenapa Berkembang Begitu Pesat?

Industri SaaS Kenapa Berkembang Begitu Pesat? (Gambar: cyberark.com)

Industri Software as a Service (SaaS) terus menjadi pilihan karena dapat mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan perangkat. Maka banyak perusahaan yang memilih SaaS. Dilansir dari techradar, SaaS adalah perangkat lunak berbasis cloud yang bisa dipahami hal teknisnya. Hal ini meliputi penyimpanan data dan server serta pengelolaan perangkat. Menariknya, SaaS tidak perlu diinstall perangkat lunaknya di komputer cukup dengan bisa diakses melalui browser.

Keuntungan utama SaaS adalah mencakup aksesibilitas, kompatibilitas dan manajemen operasional. Model SaaS menawarkan biaya awal yang lebih rendah daripada pengunduhan dan pemasangan perangkat lunak.

Aksesibilitas

Salah satu keuntungan terbesar dari SaaS adalah kemampuannya untuk bisa diakses melalui browser internet. Maka, tak masalah apa pun Sistem Operasi mana yang digunakan untuk mengaksesnya. Terlepas dari apakah pengguna mencoba menjalankan aplikasi di Windows, Mac, atau Linux atau bahkan ponsel cerdas yang menjalankan Android atau iOS aplikasi tetap dapat diakses. Ini membuat aplikasi SaaS serbaguna dalam beberapa cara berbeda. Maka dari itu, berarti kamu tidak perlu khawatir jika sistem operasi kamu atau perangkat lunak lain akan kompatibel dengan aplikasi SaaS.

Pembaharuan

SaaS yang berbasis cloud membuat vendor dapat memperbaharui software SaaS tanpa mempengaruhi operasi bisnis bagi pengguna. Hal ini sangat kontras dengan perangkat lunak lokal yang seringkali memerlukan tingkat kompatibilitas dan pengujian keamanan titik akhir bahkan sebelum pembaruan dan patch rutin dapat diterapkan.

Oleh karena itu, model SaaS menghindari jebakan pengujian yang memperlambat siklus pengembangan dan akses ke fitur baru bagi pengguna, sambil memastikan bahwa pembaruan keamanan diterapkan sesegera mungkin.

Mungkin kamu masih bingung terkait layanan SaaS itu bentuknya, seperti apa. Nah, untuk memberikan gambaran, berikut ini contoh layanan SaaS:

DropBox

Slack

Google Apps

Amazon Web service

Microsoft office 365

Selain beberapa aplikasi di atas, ternyata Indonesia juga memiliki layanan SaaS seperti:

Sleekr, software bisnis yang bergerak dalam perangkat akuntansi dan HR

Moka, perangkat lunak yang menyediakan layanan pembayaran dan Point of Sales (POS) berbasis cloud

MailTarget, adalah aplikasi yang memudahkan bisnis dalam melakukan pemasaran dalam bentuk email

Paper.id adalah layanan SaaS yang menyediakan kebutuhan invoice online, inventory dan akuntansi

EKRUT, juga masuk ke dalam layanan SaaS yang menyediakan jasa talent marketplace untuk kebutuhan perekrutan secara online bagi perusahaan

Cloud memang semakin menjadi tren apalagi peminatnya bertambah sejak era Pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan social distancing membuat tren di dunia bisnis dilakukan secara online atau secara telework. Meningkatnya aktivitas yang dilakukan secara daring tersebut tentu membutuhkan server yang lebih baik. Kebiasaan baru dari masyarakat dengan menggunakan layanan daring untuk bekerja maupun belajar tentu berpengaruh pada server layanan tersebut.

Nah, bagi kamu yang masih bingung berkarir di bidang apa sudah seharusnya memilih bidang yang bisa menjamin masa depanmu. Bidang yang bisa menjamin masa depanmu adalah bidang teknologi! Teknologi semakin berkembang dengan pesat tentu membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di belakangnya.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) merupakan Kampus IT di Bali yang memiliki dua program studi yang bisa kamu pilih untuk berkarir di bidang teknologi. Dua program studi di kampus swasta di Bali ini adalah Teknik Informatika dan Sistem Komputer.

Untuk program studi Sistem Komputer, INSTIKI sebagai kampus swasta di Bali memiliki visi menjadikan program studi yang membentuk sarjana komputer yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi sistem cerdas dan sistem digital untuk mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

Sementara itu, Teknik Informatika di kampus IT terpopuler di Bali ini memiliki visi menjadikan Program Studi yang membentuk sarjana komputer di bidang teknik informatika, dengan kemampuan mengolah serta menganalisa sistem informasi, multimedia, dan memanfaatkan teknologi terkini dalam mendukung perkembangan industri pariwisata berwawasan budaya.

INSTIKI memang memiliki kurikulum yang mengedepankan wawasan budaya khususnya budaya Bali. Untuk kamu yang bukan warga Bali dan memilih kuliah di Bali maka dapat keuntungan sekaligus dapat mempelajari budaya tentang Bali. Memutuskan kuliah di Bali juga memiliki banyak keuntungan. Keuntungan memutuskan kuliah di Bali bisa kamu simak di link berikut ini: Kuliah di Bali

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA