Life Skill: Kunci Bertahan di Dunia Kerja

Life Skill: Kunci Bertahan di Dunia Kerja

Life skill adalah kemampuan yang wajib dimiliki untuk bekal masuk ke dunia kerja. Life skill adalah interaksi berbagai pengetahuan dan kecakapan yang sangat penting dimiliki seseorang sehingga mereka dapat hidup mandiri.

Life skill juga dapat diartikan sebagai kemampuan, keberanian kita untuk menghadapi berbagai masalah dalam hidup. Berikut ini ada 10 life skill yang bisa kamu pelajari untuk modal masuk dunia kerja. Berikut 10 contoh life skill yang bisa kamu pelajari dikutip dari akupintar:

  1. Mengenal Diri Sendiri

Kita perlu mengenal diri sendiri – bagaimana karakter kita, kekuatan dan kelemahan kita, apa yang kita inginkan dan tidak kita sukai. Semakin baik kita mengenal diri sendiri, semakin cepat pula kita mampu menyadari ketika sedang merasa tertekan atau stres.

  1. Empati

Empati membuat kita mampu memahami kebutuhan, perasaan, dan keinginan orang lain. Empati membuat kita mampu menerima, membayangkan bagaimana bila kita berada pada posisi orang lain. Dengan empati, interaksi sosial kita menjadi lebih baik. Sebaliknya tanpa empati, komunikasi kita dengan orang lain akan menjadi satu arah saja.

  1. Berpikir Kritis

Berpikir kritis bisa membuat kita mencerna informasi secara lebih objektif. Semakin kritis cara berpikir, semakin sehat juga jadinya.

  1. Berpikir Kreatif

Kreatif adalah saat kita mampu memandang atau melakukan sesuatu dengan cara yang benar-benar baru. Masih ada pula faktor-faktor lain yang menentukan tingkat kreativitas, misalnya mampu menciptakan ide-ide baru, sudut pandang yang fleksibel, orisinalitas, dan elaborasi dengan ide-ide lain.

  1. Membuat Keputusan

Bisa bersikap berani mengambil keputusan adalah salah satu life skill yang perlu kamu kuasai untuk dunia kerja. Bayangkan, ketika kamu seorang yang tidak mampu mengambil keputusan maka pekerjaanmu tidak akan mendapatkan solusi. Oleh sebab itu, pentingnya kamu punya sikap berani khususnya dalam membuat keputusan.

  1. Memecahkan Masalah

Kemampuan kita dalam memecahkan masalah akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup. Pasalnya, persoalan-persoalan yang tak kunjung mendapat jalan keluar akan mempengaruhi kesehatan mental. Lambat laun, kesehatan fisik juga akan terganggu.

Life Skill: Kunci Bertahan di Dunia Kerja

Gambar: Foto Aset 2022 (DSC04307.jpg)

  1. Relasi Interpersonal

Semakin positif hubungan yang terjalin, tandanya kamu memiliki interpersonal skill yang baik. Skill ini pun membantu kita mengakhiri hubungan dengan orang lain, ketika diperlukan secara konstruktif.

  1. Komunikasi yang Efektif

Kita berkomunikasi secara efektif ketika mampu mengekspresikan diri secara verbal dan nonverbal sesuai dengan situasi tertentu dan budaya setempat. Masing-masing kita memiliki kebutuhan untuk mengungkapkan pendapat, keinginan, kebutuhan, bahkan rasa takut.

Dengan komunikasi yang baik, kita dapat meminta saran dan bantuan dari orang lain ketika membutuhkan. Itulah sebabnya, komunikasi yang efektif dapat membantu kita mengatasi stres dan mengelola emosi.

  1. Mengatasi Rasa Stres

Dalam setiap langkah, kita akan selalu menghadapi tantangan yang mungkin saja memicu rasa stres. Tapi kemampuan kita untuk mengatasi dan mengelola stres, itulah yang menentukan kualitas hidup kita dan kesehatan fisik terutama di saat pandemi seperti sekarang.

  1. Mengelola Emosi

Emosi sebenarnya adalah bagian dari hidup kita yang cukup alami. Namun ketika muncul emosi yang kuat, seperti rasa marah atau sedih, dampak negatifnya dapat berpengaruh pada kesehatan fisik kita.

Selain harus mampu menguasai life skill, untuk masuk dunia kerja kamu juga perlu menguasai soft skill. kadang kita terlalu fokus untuk mengasah kemampuan akademik yang biasa kita dapatkan dari sekolah atau kuliah. Padahal dalam dunia kerja mau pun bisnis diperlukan menguasai soft skill agar bisa bersaing dan bertahan.

Perkembangan teknologi dan ekonomi digital yang semakin pesat saat ini tentu tidak hanya dibutuhkan hard skill semata. Menguasai soft skill berarti setiap orang diminta dapat memiliki kemampuan kerja yang berkualitas.

Kamu punya nilai yang bagus saat kuliah akan percuma ketika tidak bisa menguasai soft skill. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Saat ini, dunia kerja membutuhkan seseorang yang memiliki pemikiran kritis, komunikasi yang baik, rasa ingin tahu, kreatif, inovatif hingga memiliki jiwa kepemimpinan. Hal tersebut merupakan soft skill yang harus dipunya oleh profesional muda.

iCIMS Hiring Insights (2017) menemukan bahwa “94 persen dari perekrut profesional percaya bahwa seorang karyawan dengan soft skill yang lebih kuat memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipromosikan ke posisi kepemimpinan daripada seorang karyawan dengan pengalaman bertahun-tahun tetapi soft skill-nya yang lemah.”

Bagi kamu yang masih sekolah menjadi begitu penting untuk dapat memilih kampus yang juga mendorongmu untuk mengembangkan soft skill.

Sebab, saat telah lulus kamu akan dihadapkan pada dunia kerja. Bayangkan kamu seorang lulusan terbaik tetapi tidak dapat berkomunikasi dengan baik maka kamu akan melewatkan kesempatan untuk bekerja di kantor yang kamu harapkan. Kenyataannya memang seperti itu, perekrut kerja cenderung melihat pula keseimbangan antara hard skill dan soft skill para pelamar kerja.

STMIK STIKOM Indonesia (STIKI) yang merupakan kampus swasta di Bali memiliki kesadaran bahwa hard skill dan soft skill memang harus dimiliki oleh tiap mahasiswa. Bagi kamu yang ingin kuliah di Bali harus tahu bahwa kurikulum STIKI Indonesia yang merupakan kampus IT terpopuler di Bali ini menonjolkan soft skill untuk menunjang kemampuan business communication yang semakin dibutuhkan di era global.

Menawarkan konsep kuliah modern sesuai standar dunia bisnis didukung fasilitas komputer tercanggih, serta kombinasi teori dan praktek. Disusun berdasarkan tiga kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja:

  • Knowledge

Menyajikan materi pembelajaran yang mengacu pada teori akademis terdepan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kondisi perubahan pasar.

  • Skill

Materi mendukung potensi dan kompetensi teknis; seperti manajemen dan organisasi, personality development, entrepreneurship, salesmanship, dan pembekalan bahasa asing.

  • Attitude

Membentuk kepribadian yang tangguh, berintegritas, mandiri, proaktif, pantang menyerah, dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Mahasiswa STIKI Indonesia telah merasakan manfaat dari mata kuliah soft skill sehingga dapat diterapkan di dunia kerja. Selain mendapatkan kurikulum yang mengedepankan soft skill, STIKI Indonesia juga mempermudah mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja.

Bagi kamu yang baru atau akan lulus SMA dan tidak tinggal di Bali dan berniat kuliah di Bali akan ada pula dapat manfaatnya apabila memilih STIKI Indonesia sebagai tempat menimba ilmu.

STIKI Indonesia sebagai salah satu kampus swasta IT di Bali mengedepankan pula kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali. Sangat cocok bagi kamu yang tertarik kuliah di Bali sekaligus ingin belajar tentang budaya Bali. Keuntungan lain bagi kamu yang berniat kuliah di Bali bisa disimak di link berikut: Keuntungan Kuliah di Bali.

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya? kamu bisa dapatkan informasi menarik seputar teknologi dan dunia perkuliahan dengan mengunjungi website resmi INSTIKI pada link https://instiki.ac.id/ . Selain beragam informasi menarik, kamu juga bisa mengetahui lebih banyak tentang INSTIKI. jadi tunggu apalagi yuk kunjungi website resmi INSTIKi.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA