Inilah 5 Style Guide Belajar Bahasa Pemrograman Python – Bersama Kampus IT INSTIKI

5 Style Guide Belajar Bahasa Pemrograman Python Bersama Kampus IT INSTIKI

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang dirilis pada tahun 1991 yang dapat digunakan dalam berbagai platform dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode, Python adalah salah satu bahasa populer yang berkaitan dengan Data Science, Machine Learning, dan Internet of Things (IoT).

Sebelum lebih jauh mengenal tentang Python, yuk pahami Style Guide Ketika Belajar Bahasa Pemrograman Python agar saat kamu ngoding, kodenya bisa dipahami dengan baik dan benar.

Syntax Python

Kode yang dibuat di Python dapat diselesaikan langsung dengan Command Line.

>>> print(“Hello, INSTIKI!”)
<strong>Hello, INSTIKI!</strong>

Kamu juga bisa membuat file Python di dalam server menggunakan ekstensi .py serta dijalankan menggunakan Command Line. Ketika menggunakan CMD:

$ python instiki.py

Saat kamu menuliskan statement, pada bahasa Python tidak diwajibkan menuliskan titik-koma loh… Keren nggak tuh? Jika menulisnya lebih dari satu baris, maka untuk memisahkan setiap statemennya menggunakan titik-koma. Akan tetapi, menulis lebih dari satu baris dalam satu statement pada Python juga tidak dianjurkan alias bahasa kerennya dianggap non-pythonic way.

Indentasi Python

Hal unik dalam bahasa pemrograman Python penggunaan indentasi baris kode dalam menuliskan kode bertingkat. Indentasi digunakan untuk mengindikasi tingkatan kode pada Python. Contohnya seperti di bawah ini!

Contoh kode dengan indentasi yang benar:

a = 0
if a > 0:
    print('bilangan {} adalah positif'.format(a))
elif a < 0:
    print('bilangan {} adalah negatif'.format(a))
else:
    print('bilangan {} adalah nol'.format(a))

Contoh kode dengan indentasi yang salah:

a = 0
if a > 0:
print('bilangan {} adalah positif'.format(a))
elif a < 0:
print('bilangan {} adalah negatif'.format(a))
else:
print('bilangan {} adalah nol'.format(a))

Kamu bisa menambahkan indentasi baris menggunakan spasi atau tab. Pastikan untuk konsisten menggunakan indentasi yang sama dalam satu berkas python.

Penamaan Variabel pada Python

Ada banyak style untuk penamaan variabel pada Python diantaranya:

  • Huruf_kecil_dengan_pemisah_kata_garis_bawah
  • HURUF_BESAR_DENGAN_PEMISAH_GARIS_BAWAH
  • hurufCampuran (mirip dengan CAPWords, hanya berbeda di karakter awal)
  • Huruf_Besar_Di_Awal_Kata_Dengan_Garis_Bawah

Oh ya, hindari karakter I ( huruf L kecil ), O ( Huruf O besar, atau I ( Huruf I Besar ) sebagai nama Variabel 1 karakter karena mereka sangat sulit dibedakan dengan angka 1 dan 0. Ketika kamu menggunakan I (huruf kecil) ada baiknya jika diganti dengan L (huruf besar).

Penulisan Kondisional (IF)

Coding pengkondisian (IF) sering digunakan dalam Python sebagai bentuk aplikasi kondisi-kondisi logis matematika dalam pemrograman. Contoh pengaplikasian kondisi logis tersebut seperti misalnya pernyataan kondisional IF ataupun perulangan. Contoh code:

a = 5
b = 10
if a < b:
print (“ a lebih kecil dari b “)

Komentar Kode

Komentar adalah baris kode yang tidak akan dieksekusi akan tetapi komentar memberikan informasi tentang kode yang kita tuliskan. Ada beberapa yang harus diperhatikan saat menulis komentar pada Python, seperti:

Tanda Pagar (#), contoh:

#hey ini komentar ya!

Triple Tanda Petik (“””. . .”””), contoh:

""" ini komentar ya, ingat! """

Biasanya triple tanda petik ini digunakan ketika kita mendokumentasikan program yang telah kita buat atau membuat multiline comment pada python.

Ingin mempelajari Python lebih dalam lagi dan menjadi programmer handal? Kamu pengen jago coding? Salah satu cara terbaik untuk menguasai bahasa pemrograman seperti Python adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali.

INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding, membentukmu menjadi sarjana expert jadi professional IT ataupun entrepreneur. Program studi Teknik Informatika INSTIKI merupakan program studi yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak, sampai pada aplikasinya di dunia industri. Pada program studi Teknik Informatika tidak hanya mempelajari konsep dan teori saja, namun juga praktik secara langsung di lapangan. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

Sumber informasi: www.dicoding.com

PENGUMUMAN LAINNYA