Trik Jitu Follow Up Hasil Lamaran Kerja! Tips Kuliah Sambil Kerja di Bali

 

Trik Jitu Follow Up Hasil Lamaran Kerja! Tips Kuliah Sambil Kerja di Bali

Ketika kamu sudah menyelesaikan tahap wawancara kerja, pasti rasanya deg-degan menunggu kabar dari HRD atau tim rekrutmen perusahaan, kira-kira akan diterima kerja atau sebaliknya, ya?

Apabila kamu sudah menunggu sampai lebih dari seminggu, alangkah baiknya kamu mencoba lakukan follow up ke perusahaan tersebut. Bagaimana caranya? Simak artikel Trik Jitu Follow Up E-Mail Hasil Lamaran Kerja oleh Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali!

Perhatikan Ini!

Sebelum kamu ingin mengirim e-mail ataupun pesan singkat follow up ke recruiter, kamu perlu memperhatikan tiga hal penting ini!

  • Waktunya sudah tepat atau belum? Tunggu hingga waktu yang ditentukan oleh recruiter habis. Jika sudah melebihi waktu tersebut atau sudah melebihi seminggu dari tahap wawancara terakhir, kamu bisa mengirimkan follow up e-mail ataupun pesan singkat ke perusahaan tersebut.
  • Berikan kesan bahwa kamu sangat antusias! Selain sopan, kamu juga wajib memberikan kesan positif bahwa kamu menginginkan posisi yang kamu incar. Jadi, pilihlah kata-kata yang tepat.
  • Periksa kembali sebelum mengirim follow up! Ketika mengirim pesan follow up, jangan sampai ada typo, civitas INSTIKI!

Cara Mengirim Follow Up ke Recruiter

Kamu dapat mengirim pesan follow up melalui e-mail ataupun pesan singkat seperti WhatsApp, tergantung platform apa yang recruiter pakai untuk menghubungimu terakhir kali. Apabila menggunakan e-mail, berikut ini format pesan yang dapat kamu pakai:

Subjek email: Follow up Wawancara Kerja – [Posisi lowongan]

Kepada [Bapak/Ibu nama recruiter]

Semoga [Bapak/Ibu] dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya melalui proses rekrutmen [Posisi lowongan]. Saya sangat menantikan kesempatan bagi saya berkontribusi untuk [Nama perusahaan]. Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman yang saya miliki akan menjadi aset yang dapat membantu perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Saya mengharapkan kabar selanjutnya mengenai hasil wawancara tersebut dari [Bapak/Ibu]. Jika [Bapak/Ibu] membutuhkan informasi tambahan mengenai diri saya untuk proses pengambilan keputusan perekrutan, [Bapak/Ibu] dapat menghubungi saya melalui nomor berikut [Nomor teleponmu].

Terima kasih atas perhatiannya,

Hormat saya,

[Nama Lengkapmu]

Lalu, apabila kamu ingin follow up hasil wawancara kerja melalui WhatsApp, berikut format pesan yang dapat kamu pakai!

[Menyapa, misalnya dengan selamat pagi]

Perkenalkan saya [Nama – posisi yang dilamar]. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya melalui proses rekrutmen [Posisi lowongan]. Saya sangat menantikan kesempatan bagi saya berkontribusi untuk [Nama perusahaan]. Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman yang saya miliki akan menjadi aset yang dapat membantu perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Saya mengharapkan kabar selanjutnya mengenai hasil wawancara tersebut dari [Bapak/Ibu]. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Nah, itulah cara menanyakan hasil wawancara melalui e-mail dan WhatsApp yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menanyakan dengan bahasa yang baik dan sopan!

Temukan informasi dan berita menarik lainnya dengan mengakses website INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali! INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik yang terletak di pusat kota Denpasar, Bali. Kini, INSTIKI memiliki empat program studi unggulan, yaitu Teknik Informastika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan jurusan Manajemen Bisnis program studi Bisnis Digital. Yuk kuliah di Bali, di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA