English Nihongo Competition, Kolaborasi Budaya Jepang dan Bahasa Inggris Raih Antusiasme Luar Biasa

Pemenang Lomba English Nihongo Competition

English Nihongo Competition (ENC), sebuah acara hasil kolaborasi dua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yakni English Club of INSTIKI (ECSI) dan INSTIKI Nihon Bunka (SINBUN) telah sukses digelar. Setelah pada Minggu (29/05/2022) lalu sukses menggelar dua Webinar Nasional, puncak acara pun dilaksanakan pada Sabtu (25/06/2022) hingga Minggu (26/06/2022).

English Nihongo Competition (ENC) yang baru pertama kali diadakan tahun ini mengusung tema “Foreign Language and Summer Culture”. Tema ini menggabungkan konsep Summer (musim panas) yang biasa terjadi setiap pertengahan tahun di negara empat musim seperti Jepang dan Inggris, dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di seluruh dunia. Musim panas identik dengan banyaknya festival di Jepang, sehingga menjadi inspirasi bagi ENC untuk “membawa” suasana acara layaknya festival musim panas di Jepang, mulai dari gaya dekorasi sampai dengan rangkaian acara yang ada di dalamnya.

Rangkaian acara English Nihongo Competition dibuka sejak Minggu (29/05/2022) lalu dengan dua kegiatan Webinar Nasional yang masing-masing bertajuk “Be Smart, Be Great, and Reach Your Future Through IELTS Test” dan “JLPT Akarui Mirai Eno Kakehashi/JLPT is a Bridge to Reach Bright Future”. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan dua lomba, yakni English Speech Contest yang diikuti siswa/siswi tingkat SMA/SMK se-Bali dan Nihongo Story Telling yang menyasar kalangan umum dengan usia 16 sampai 25 tahun pada Sabtu (25/06/2022).

Pemenang Lomba English Nihongo Competition

Acara terakhir adalah penutupan dengan agenda pemberian hadiah kepada para pemenang lomba serta acara hiburan yang telah dilaksanakan pada Minggu (26/06/2022). Adapun pemenang lomba dari English Speech Contest yaitu Luh Ayu Sri Kirana Putri Suryawan dari SMAN 2 Singaraja sebagai Juara I, Fadhillah Cahyani Daulay dari SMAN 2 Singaraja sebagai Juara II, serta Putu Sarah Devina Natisha Revi dari SMAN 1 Seririt sebagai Juara III. Sedangkan pemenang lomba Nihongo Story Telling yaitu Ni Made Yunia Wulandari sebagai Juara I, Ida Ayu Radha sebagai Juara II, serta Sonia Josephine sebagai Juara III.

Ketua Panitia English Nihongo Competition, Ni Putu Indah Rismayanti mengatakan tujuan dari acara ini yaitu untuk mengembangkan minat dan bakat dalam berbahasa Inggris dan Jepang. “Saya sangat senang karena seluruh kegiatan acara telah terlaksana dengan sukses, antusiasme peserta dalam mengikuti lomba juga sangat luar biasa,” ujar mahasiswa yang bisa disapa Indah. Bahkan uniknya, Indah juga mengungkap dalam pendaftaran salah satu lomba yaitu English Speech Contest terpaksa harus ditutup lebih awal karena saking banyaknya peserta yang tertarik untuk berpartisipasi sehingga kuota peserta cepat terpenuhi.

“Harapannya untuk ENC ke depannya menjadi lebih baik lagi dari ENC tahun ini, dan bisa lebih dikembangkan lagi pada bagian perlombaan untuk menarik antusiasme masyarakat dalam belajar bahasa asing,” tutup Indah.

Keseruan Acara English Nihongo Competition

Itulah salah satu acara yang terselenggara berkat kolaborasi apik ECSI INSTIKI bersama SINBUN INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali!

Temukan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif yang diselenggarakan oleh civitas INSTIKI dengan mengakses website INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali. By the way, civitas INSTIKI sangat aktif menyelenggarakan event-event seru yang nggak hanya diperuntukkan bagi civitas INSTIKI saja, pun dibuka untuk umum!

Penulis: Anak Agung Ngurah Mertha Jaya
Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA