STIKI Indonesia Gelar Sosialisasi Sistem Pendaftaran HKI ke BARI Provinsi Bali

Pada hari Senin (29/11/2021) dilaksanakan kegiatan sosialisasi pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HKI) yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kreatifitas (LPIK) STIKI Indonesia. Peserta sosialisasi ini adalah Badan Riset dan Inovasi (BARI) Daerah Provinsi Bali yang merupakan mitra kolaborasi dari LPIK STIKI Indonesia dalam membangun Sistem pendaftaran HKI di Provinsi Bali.

Sistem HKI yang dibangun oleh LPIK STIKI Indonesia ini bertujuan untuk mengakomodir semua HKI yang ada di Provinsi Bali sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya.

Acara sosialisasi  ini diikuti delapan peserta dan para peserta terlihat antusias mendengarkan penjelasan terkait sistem ini yang dipaparkan oleh Kepala LPIK STIKI Indonesia, I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T. Pembuatan Sistem HKI ini berjalan sesuai target yakni 3 bulan sejak kolaborasi disepakati pada bulan April 2021 dan selesai pada bulan Juli 2021.

033
STIKI Indonesia Gelar Sosialisasi Sistem Pendaftaran HKI ke BARI Provinsi Bali

“Sesuai dengan arahan Gubernur Bali  sistem HKI agar tersentralisasi, supaya UKM atau masyarakat dapat lebih mudah mengajukan HKI. Dari masyarakat umum atau yang sudah didaftarkan oleh BARI sendiri terkait HKI bisa terintegrasi di dalam satu tempat,” ungkap Kepala LPIK STIKI Indonesia, I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, M.T pada Senin (29/11/2021).

Sistem HKI yang dibangun oleh LPIK STIKI Indonesia ini berupa website yang ciamik dan bisa diakses untuk umum di barisentraki.baliprov.go.id.

“Kalau masyarakat umum ingin mendaftar, bisa mendaftar melalui website yang telah disediakan. Nanti di sana ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, lalu tinggal daftar di sistem dan akan diproses oleh BARI sendiri,” lanjutnya.

044
STIKI Indonesia Gelar Sosialisasi Sistem Pendaftaran HKI ke BARI Provinsi Bali

Ngurah berharap sistem yang dibangun ini dapat memudahkan masyarakat untuk mengajukan HKI, mengakses HKI mau pun mencari informasi terkait  hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual.

“Semoga nanti kedepannya untuk masyarakat umum, sistem HKI ini dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Lalu, LPIK STIKI Indonesia juga akan terus bekerjasama dengan BARI, apalagi kami sama-sama bergerak di bidang inovasi.”

LPIK STIKI Indonesia merupakan lembaga yang ada di STIKI Indonesia untuk memfasilitasi inovasi dan kreatifitas dari Civitas Akademika.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut LPIK mendapatkan akses penuh pada Laboratorium di STIKI Indonesia yang merupakan kampus swasta di Bali. Termasuk Laboratorium Komputer dan 5 Laboratorium Riset diantaranya Laboratorium Legassi, Laboratorium Visual, Laboratorium Mobile Aplikasi, Laboratorium Server Jaringan dan Laboratorium Sistem Kendali.

Total ke 11 Laboratorium tersebut diatur oleh Bidang Infrastruktur LPIK. Dalam Bidang Infrastruktur tersebut terdapat bagian Pemanfaatan yang mengatur penggunaan Laboratorium beserta fasilitasnya di luar jam kuliah.

Selain mengatur dalam penggunaan fasilitas, LPIK juga bertanggungjawab terhadap proses pemeliharaan Laboratorium. Pemeliharaan dalam hal fasilitas yang terdapat di Laboratorium menjadi tanggung jawab LPIK sepenuhnya. Selain Bidang Infrastruktur LPIK terdapat pula Bidang Sumber Daya Manusia atau SDM.

Bidang yang mengatur segala kebutuhan dan keperluan Sumber Daya Manusia di dalam LPIK salah satunya Asisten Laboratorium dan Laboran. Asisten Laboratorium memiliki tugas untuk membantu dosen dalam proses pembelajaran di laboratorium sehingga terciptanya pembelajaran yang optimal.

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) per 2 Februari 2022. INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Jurusan Manajemen Bisnis Program Studi Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Di INSTIKI, kamu juga bisa Kuliah sambil Kerja di Bali lho! Temukan informasi menarik dan terkini lainnya hanya di Website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA