5 Situs Bagi Mahasiswa untuk Bantu Tugas Kuliah, Apa Saja?

5 Situs Bagi Mahasiswa untuk Bantu Tugas Kuliah, Apa Saja?

Mengerjakan tugas kuliah merupakan tugas utama dari seorang mahasiswa. Tiap mahasiswa tentu memerlukan bantuan dalam mengerjakan tugas, baik itu untuk referensi atau pun untuk sekadar membantumu dalam beberapa hal. Berikut ini ada sejumlah situs yang bisa kamu akses untuk membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas. Apa saja itu? Simak uraiannya seperti dilansir dari quipper.com:

Grammarly

Apa pun jurusan kuliahmu pasti ada mata kuliah bahasa Inggris maupun mata kuliah yang membutuhkan bahasa Inggris. Maka dari itu, banyak dari kamu yang pasti mengalami kesulitan dalam mengelola grammar. Nah untuk membantumu dalam mengolah tata bahasa dalam Bahasa Inggris kamu bisa menggunakan situs grammarly.com.

Caranya sangat mudah kamu hanya perlu melakukan copy dan paste hasil tulisan bahasa Inggris ke situsnya. Setelah itu secara otomatis akan mengoreksi dan memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat yang kamu buat.

Grammarly juga akan memeriksa apakah ada pengulangan kata di dalam tulisanmu. Nantinya, Grammarly bakal memberitahu kata penggantinya. Dengan begitu kemungkinan kesalahan kamu menulis tugas dalam bahasa Inggris bisa semakin diminimalisir.

Grammarly bisa diakses dengan gratis. Namun, jika kamu butuh fitur tambahan seperti pendeteksian plagiarisme, tingkat formalitas dan masih banyak lagi pilihan fitur lainnya maka kamu perlu mengupgrade akun kamu ke premium dan untuk melakukan ini kamu butuh biaya.

Academia.edu

Situs Academia.edu juga akan sangat membantumu ketika membutuhkan referensi ilmiah dalam mengerjakan tugas kuliah. Situs yang satu ini menyediakan ratusan tesis, jurnal ilmiah hingga skripsi dari dalam dan luar negeri.

Pada dasarnya situs ini layaknya jejaring sosial pada umumnya, tetapi konten yang dibagikan bukanlah sebatas foto, video pendek, atau status pendek melainkan hasil penelitian atau karya ilmiah lainnya yang sengaja dibagikan oleh para peneliti atau akademisi dari seluruh dunia. Dengan begitu, Academia.edu bisa dijadikan referensi untuk mengerjakan makalah, skripsi, hingga tesis. Kamu juga bisa bertukar informasi dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa di seluruh dunia lewat situs ini. Untuk mengakses website ini kamu tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, tersedia juga fitur premium (berbayar) yang menawarkan beberapa keuntungan.

Google Scholar

Google Scholar merupakan layanan yang memudahkan kamu dalam mencari berbagai materi pelajaran, mulai dari teks hingga format publikasi. Sejak diluncurkan pada 2004 silam, Google Scholar menyediakan jurnal online dari berbagai publikasi ilmiah di seluruh dunia yang bisa kamu akses secara gratis. Google Scholar secara selektif memilih dokumen yang diunggah ke internet dan hanya dokumen yang memuat informasi pendidikan saja yang akan masuk dalam list artikelnya.

Namun, dengan sistem yang seperti ini membuka peluang plagiarisme karena Google Scholar tidak melakukan proses verifikasi ketika seseorang meng-upload dokumennya. Sekalipun demikian, Google Scholar menerapkan leveling atau peringkat terhadap akun-akun yang terdaftar sehingga kita dapat melihat posisi seorang ilmuwan dibanding ilmuwan lainnya dan hal tersebut menyebabkan pembuat profil akan memuat informasi yang sebenar-benarnya jika ingin tulisannya muncul dalam pencarian.

Duplichecker

Saat mengerjakan tugas kuliah, pastinya sebagian besar mahasiswa menggunakan referensi dari internet. Namun tidak semudah itu karena referensi di internet juga memiliki risiko plagiarisme lho! Nah, supaya tidak terjebak plagiat, kamu bisa mengeceknya menggunakan situs Duplichecker.

Dalam situs tersebut, kamu bisa memeriksa dan mengetahui adanya plagiat dalam tulisanmu. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu copy tulisan di situsnya atau upload file dari PC/laptop. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan URL dari website yang ingin dicek, apakah mengandung unsur plagiat atau tidak dan yang tidak kalah penting adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis.

PDF.io

Situs ini menyediakan layanan untuk kebutuhan terkait file PDF secara gratis. Layanan yang diberikan adalah menggabungkan, memisahkan, dan mengecilkan ukuran file.

Selain itu, situs ini juga bisa mengubah file PDF dalam bentuk format lainnya, seperti Microsoft Excel, JPG, Microsoft Word, dan beberapa jenis format file lainnya. Jadi, situs ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengerjakan skripsi atau tugas-tugas lainnya yang memerlukan proses pengubahan format file.

Beberapa situs tersebut bisa membantu dalam mengerjakan tugas kuliah yang menjadi makanan sehari-hari dari seorang mahasiswa. Maka, semoga bisa membantumu.

Menjadi seorang mahasiswa memang harus pintar dalam mengatur waktu antara belajar, membuat tugas apalagi buat kamu yang bekerja paruh waktu. Memang terasa berat bagi mahasiswa yang harus membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Namun, sebenarnya bisa diatur apabila pihak kampus memberikan fleksibilitas ke mahasiswa yang bekerja.

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang merupakan Kampus IT di Bali memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa yang ingin bekerja sembari kuliah. Kami sadar betul ilmu tidak seutuhnya ada di ruangan kelas kuliah. Ilmu bisa didapat di mana pun.

Maka, INSTIKI yang merupakan kampus swasta di Bali memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk bekerja. Bekerja tentu bukan sekadar mencari penghasilan. Namun, bisa memberikan kesiapan mental bagi mahasiswa sebelum mereka bekerja sesungguhnya secara penuh setelah wisuda.

Selain memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa yang ingin bekerja, INSTIKI juga mengedepankan kurikulum berbasis budaya khususnya budaya Bali. Kamu tahu sendiri bahwa budaya Bali sudah tersohor hingga ke penjuru dunia berkat keanekaragamannya. Buat kamu yang tidak tinggal di Bali pasti ingin mempelajari budaya Bali.

Nah, buat kamu yang masih duduk di sekolah dan masih bingung mau lanjut kuliah mungkin bisa mempertimbangkan untuk kuliah di Bali dan memilih INSTIKI yang merupakan Kampus IT Terpopuler di Bali. 

INSTIKI yang terdahulu dikenal dengan STIKI Indonesia, kini telah bertransformasi menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

INSTIKI adalah kampus swasta di Bali yang membuka 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Biaya kuliah di INSTIKI sangatlah terjangkau! Tertarik untuk kuliah di Bali alias melanjutkan studi di INSTIKI? Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA