10 Istilah Penting dalam Dunia Animasi

10 Istilah Penting dalam Dunia Animasi

Dunia animasi bukan hanya tentang gambar yang bergerak, tetapi juga tentang teknik, prinsip, dan istilah-istilah khusus yang membentuk keseluruhan proses produksi. Bagi pemula yang ingin memulai perjalanan di bidang ini, penting untuk memahami istilah dasar dalam animasi. Berikut adalah 10 istilah penting yang wajib kamu tahu:

Frame

Frame adalah satu gambar tunggal dalam urutan animasi. Ketika banyak frame diputar secara berurutan dalam waktu singkat, gambar akan tampak bergerak. Dalam film animasi standar, biasanya terdapat 24 frame per detik (fps – frames per second).

Keyframe

Keyframe adalah titik penting dalam animasi yang menunjukkan awal dan akhir dari suatu gerakan. Animator menggambar keyframe untuk menentukan posisi utama objek, lalu gerakan di antaranya diisi dengan frame tambahan (in-between).

In-betweening (Tweening)

In-betweening atau tweening adalah proses membuat transisi frame antara dua keyframe. Teknik ini membuat gerakan menjadi lebih halus dan realistis, baik dilakukan secara manual maupun otomatis oleh software animasi.

Timing

Timing adalah penentuan seberapa lama sebuah aksi berlangsung dalam animasi. Pengaturan timing yang tepat memberikan karakteristik dan ekspresi yang lebih hidup pada animasi.

Squash and Stretch

Prinsip dasar animasi yang menunjukkan bagaimana objek bisa berubah bentuk (menyusut atau memanjang) untuk mengekspresikan kecepatan, bobot, atau dampak. Teknik ini sering digunakan untuk menambah kesan dramatis atau kartun.

Rigging

Rigging adalah proses pembuatan rangka (tulang) pada karakter 3D agar bisa digerakkan. Tanpa rig, karakter tidak bisa dianimasikan secara efisien. Teknik ini umum digunakan dalam animasi 3D.

Storyboard

Storyboard adalah serangkaian gambar atau sketsa yang menggambarkan alur cerita, adegan, dan sudut kamera sebelum proses animasi dimulai. Ini membantu tim produksi memahami alur visual dan naratif animasi.

Rendering

Rendering adalah proses akhir dalam produksi animasi untuk menghasilkan output visual dari model, tekstur, dan efek yang telah dibuat. Proses ini menghasilkan gambar atau video yang siap ditampilkan ke publik.

Lip Sync

Lip sync (lip synchronization) adalah teknik mencocokkan gerakan bibir karakter dengan dialog atau suara. Ini penting untuk menciptakan kesan bahwa karakter benar-benar berbicara.

Compositing

Compositing adalah penggabungan elemen visual seperti animasi, latar belakang, efek khusus, dan suara menjadi satu kesatuan dalam produksi akhir. Proses ini sering dilakukan di tahap pasca-produksi.

Memahami istilah-istilah di atas adalah langkah awal yang penting untuk menapaki dunia animasi, baik 2D maupun 3D. Dunia animasi sangat dinamis dan kreatif, dan dengan pemahaman dasar ini, kamu bisa lebih percaya diri untuk belajar lebih dalam atau bahkan mulai berkarya!

Kuliah di Bali di INSTIKI

Jika kamu tertarik untuk mendalami dunia kreatif secara profesional, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di INSTIKI adalah pilihan yang tepat. Dengan kurikulum yang inovatif, dosen praktisi berpengalaman, serta fasilitas penunjang kreatif yang lengkap, INSTIKI membekali mahasiswa tidak hanya dengan hard skill, tetapi juga soft skill yang kuat untuk bersaing di industri kreatif. Yuk, bergabunglah bersama INSTIKI, kampus desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara! –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA