Kembangkan Metaverse Warisan Budaya Bali, Dosen INSTIKI Raih Juara 2 dalam Bulan Bung Karno 2024!

Tim Dosen INSTIKI Raih Juara 2 dalam Bulan Bung Karno 2024!

Kembali berinovasi dan meraih prestasi! Kabar kali ini datang dari dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), di mana tim dosen INSTIKI berhasil meraih prestasi sebagai Juara 2 Lomba Karya Tulis dalam acara Bulan Bung Karno Tahun 2024. Penghargaan atas prestasi ini diberikan pada Penutupan Bulan Bung Karno Tahun 2024 yang berlangsung pada Minggu (30/06/2024), di Prime Plaza Hotel, Sanur.

Tim dosen INSTIKI yang terdiri dari Ir. Ida Bagus Gede Sarasvananda, S.Kom., M.Cs, Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom, Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom, dan Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T, berinovasi membuat karya yang berjudul “100 Tahun Bali Era Baru: Inovasi Digital untuk Konservasi Kebudayaan dan Warisan Bali.”

Kebudayaan Bali di era globalisasi dan modernisasi menghadapi tantangan signifikan yang mengancam keberlangsungannya. Perubahan sosial dan ekonomi yang pesat membawa dampak mendalam pada kehidupan masyarakat Bali. Untuk mengatasi tantangan ini, tim dosen INSTIKI mengembangkan karya inovasi tersebut.

Tim Dosen INSTIKI – Kampus IT Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara Raih Juara 2 dalam Bulan Bung Karno 2024!

Ir. Ida Bagus Gede Sarasvananda, S.Kom., M.Cs menyampaikan bahwa tujuan dari inovasi ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konsep Metaverse Kebudayaan Bali, dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk pelestarian dan promosi kebudayaan Bali dalam rangka mendukung 100 Tahun Bali Era Baru: Inovasi Digital untuk Konservasi Kebudayaan dan Warisan Bali. Melalui karya tersebut, tim dosen INSTIKI berhasil memboyong prestasi sebagai Juara 2 Lomba Karya Tulis dalam Bulan Bung Karno Tahun 2024.

“Pengembangan Metaverse Warisan Kebudayaan Bali memberikan kesan yang mendalam tentang betapa pentingnya inovasi digital dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya,” jelas Ir. Ida Bagus Gede Sarasvananda, S.Kom., M.Cs.

Dari Kiri ke Kanan (Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom, Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T, Ir. Ida Bagus Gede Sarasvananda, S.Kom., M.Cs, dan Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom)

“Kami berharap melalui karya tulis ilmiah kami, Metaverse Warisan Kebudayaan Bali akan menjadi platform yang menginspirasi dan memberdayakan komunitas lokal serta masyarakat global. Lebih jauh lagi, kami berharap bahwa Metaverse ini akan menjadi program prioritas Pemerintah Daerah Provinsi Bali dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pelestarian budaya. Semoga visi “100 Tahun Bali Era Baru: Inovasi Digital untuk Konservasi Kebudayaan dan Warisan Bali” dapat terwujud, membawa Bali ke dalam era baru yang menggabungkan kekayaan budaya dengan inovasi teknologi untuk masa depan yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi,” tutupnya. –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA