Belajar Tak Hanya di Kelas, Mahasiswa INSTIKI Terjun Langsung Wawancarai Tokoh Bali!

Belajar Tak Hanya di Kelas, Mahasiswa INSTIKI Terjun Langsung Wawancarai Tokoh Bali!

Tak hanya belajar di dalam kelas, mahasiswa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) juga mendapatkan kesempatan emas belajar langsung dari tokoh-tokoh inspiratif dan transformasional Bali!

Dalam rangka project akhir semester mata kuliah Business Leadership, mahasiswa program studi Bisnis Digital INSTIKI mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai tokoh-tokoh transformasional di Bali. Tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampu, I Dewa Putu Gede Wiyata Putra, S.Kom., M.M ini membuat salah satu tim, yakni dari Tim 7dux, bertemu langsung sosok Gubernur Bali periode 2018-2023, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M, pada Rabu (26/06/2024).

Tim 7dux yang terdiri dari Ni Putu Claudy Safira, Ni Putu Widyanevyanti, Ni Putu Nia Wulandari, Putu Bening Pratiwi Margita, Putu Restu Artha Pratama, Putu Bagas Satia Mahendra, dan Nicolas Jared Salma Jonito, sangat antusias untuk mendapatkan wawasan langsung dari Gubernur Bali periode 2018-2023 mengenai strategi kepemimpinannya, terutama dalam menangani pandemi COVID-19 yang berdampak besar bagi Provinsi Bali.

Dalam wawancara tersebut, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M membagikan visi yang selalu dipengang teguh olehnya. Beliau menjelaskan, “Ketika dilantik pada 5 September 2018 sampai akhir periode, kami bekerja keras untuk melaksanakan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru. Ini dituangkan dalam kebijakan melalui Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur sehingga pembangunan dapat dijalankan dengan tatanan yang baik, komprehensif, dan fundamental.”

Namun, tantangan besar muncul pada tahun 2020 ketika pandemi COVID-19 mulai menyebar yang membuat Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M bersama dengan jajaran memberlakukan beragam kebijakan. Beliau menjelaskan bahwa penanganan COVID-19 di Bali salah satunya melibatkan pembentukan Satgas Gotong Royong di tingkat desa adat.

Beliau juga menceritakan ketika beragam varian baru dari COVID-19 bermunculan, serta bagaimana strategi-strategi yang diterapkan untuk tujuan menurunkan jumlah kasus COVID-19, hingga akhirnya COVID-19 terkendali, pariwisata Bali mulai pulih, dan perekonomian Bali mulai bangkit kembali.

Tak hanya mewawancarai Gubernur Bali periode 2018-2023, mahasiswa INSTIKI lainnya juga mewawancarai tokoh inspiratif Bali lainnya. Dengan terjun langsung ke lapangan, bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif sekaligus transformasional di Bali ini membuka wawasan mahasiswa INSTIKI tentang beragam tantangan dan inovasi dalam kepemimpinan. Besar harapan, mahasiswa INSTIKI dapat menerapkan pelajaran berharga ini dalam karir mereka di masa depan, mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan dapat menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri di masa depan. –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA