Dukung Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda, INBIS INSTIKI Gelar Pelatihan Digital Marketing!

Dukung Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda, INBIS INSTIKI Gelar Pelatihan Digital Marketing!

Berkomitmen mendukung mahasiswa menjadi wirausaha muda yang selaras dengan tagline INSTIKI ‘Professional IT Entrepreneur Campus,’ Inkubator Bisnis Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INBIS INSTIKI) secara konsisten menyelenggarakan berbagai program pelatihan yang relevan di era digital saat ini. Pada kesempatan kali ini, INBIS INSTIKI menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing pada Sabtu (15/06/2024), yang berlangsung di Lab I INSTIKI!

Pelatihan Digital Marketing bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan praktis kepada mahasiswa INSTIKI mengenai digital marketing. Hal ini sangatlah penting bagi mahaisiswa INSTIKI yang ingin menjadi wirausaha muda sukses agar dapat mengembangkan serta memajukan bisnis mereka secara maksimal di era digital saat ini.

Sambutan Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom

Pelatihan Digital Marketing dimulai dengan sambutan dari Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom selaku Direktur INBIS INSTIKI. Dalam sambutannya, Beliau menjelaskan pentingnya pemahaman tentang digital marketing dalam dunia bisnis saat ini.

“Kami berharap pelatihan ini dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis mereka. Ini adalah salah satu upaya kami untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi wirausaha yang sukses di era digital,” jelasnya.

Pelatihan Digital Marketing menghadirkan narasumber inspiratif dan berpengalaman. Ialah Putu Andi Yuda Prayoga, S.Si, ITIL.V3, QWP, seorang Consultant sekaligus Trainer Business & Digital Marketing, Founder Sekolah Digital Bali, dan Co-Founder PT Reka Cipta Aplikasi (Squareble). Dalam kesempatan kali ini, Beliau membahas Digital and Social Media Marketing.

Penyampaian Materi dari Putu Andi Yuda Prayoga, S.Si, ITIL.V3, QWP

Pembahasan pertama yang disampaikan adalah konsep positioning, perubahan era, hingga evangelist marketing. Beliau menjelaskan betapa pentingnya memahami posisi produk atau layanan dalam pikiran konsumen, mengetahui profil konsumen ideal (customer persona), serta bagaimana menciptakan pelanggan sebagai “agen pembawa kabar baik” alias evangelist yang puas terhadap merek dengan membagikan pengalamannya kepada orang terdekat.

Selanjutnya, Beliau juga membahas konsep digital marketing, web development, dan mindset growth business. Ia menekankan pentingnya pemilihan kata kunci yang tepat (keyword), serta penggunaan iklan berbayar (pay per click/PPC) seperti Facebook Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan Shopee Ads. Semua ini merupakan strategi penting dalam menarik perhatian konsumen secara efektif di dunia digital.

Tak hanya itu, peserta pelatihan yang meliputi mahasiswa INSTIKI juga diajarkan tentang content writing dan copywriting. Beliau memberikan contoh strategi perusahaan yang berhasil diterapkan dalam kampanye digital mereka, sehingga mahasiswa INSTIKI bisa mendapatkan gambaran nyata tentang bagaimana teori diterapkan dalam praktik.

Penyerahan Penghargaan kepada Narasumber

Mahasiswa INSTIKI – kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara sangat antusias mengikuti Pelatihan Digital Marketing ini. Mahasiswa INSTIKI aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber mengenai berbagai aspek digital marketing sehingga mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa langsung diterapkan dalam pengembangan bisnis. –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA