Siapkah Kamu Menghadapi Gempuran AI?

Siapkah Kamu Menghadapi Gempuran AI?

Kemajuan teknologi kecerdasan buatan alias AI telah mengubah kehidupan kita sehari-hari. AI banyak membantu kehidupan kita, namun di sisi lain AI juga memberikan banyak tantangan. Sudah siapkah kamu menghadapi gempuran AI?

Transformasi Pekerjaan dan Industri

Salah satu aspek paling mencolok dari kehadiran AI adalah dampaknya dalam dunia pekerjaan. Banyak pekerjaan rutin dan terprediksi yang kini dapat dilakukan oleh sistem AI, memaksa banyak orang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Meskipun hal ini dapat mengancam pekerjaan yang sifatnya repetitif, AI juga membuka peluang baru dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan teknologi, memerlukan kreativitas tinggi, adaptasi, serta interaksi manusia yang kompleks.

Perubahan dalam Keterampilan Era Masa Kini

Menghadapi gempuran AI membutuhkan keterampilan yang diperlukan di era digital ini. Selain keterampilan teknis atau hard skill, juga penting untuk menguasai soft skill seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu, kemampuan untuk berkolaborasi menggunakan AI dan memanfaatkan teknologi ini secara maksimal dapat menjadi kunci dalam menghadapi perubahan ini.

Pendidikan yang Relevan

Era serba digital seperti sekarang, tak terlepas dengan AI. Maka dari itu, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan ini dengan memiliki pendidikan serta mengembangkan keterampilan yang relevan.

Salah satu cara terbaik untuk memiliki keterampilan ini adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional, memiliki empat prodi unggulan yakni Rekayasa Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Prodi ini telah disusuaikan dengan kebutuhan dunia kerja masa kini. Jadi, akan sangat relevan di era gempuran AI masa kini dan mendatang.

Kesempatan untuk Berinovasi

Meskipun ada tantangan yang terkait dengan penggunaan AI, terdapat juga banyak kesempatan untuk inovasi dan bertumbuh dengan memanfaatkan AI. Penggunaan AI dapat membantu meningkatkan produktivitas, mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik, dan memberikan peluang baru dalam karier dan pengembangan diri. Dengan banyaknya manfaat dari teknologi ini, memberikan banyak kesempatan untuk kita berinovasi secara maksimal. Maka dari itu, di sinilah pentingnya kita sebagai generasi muda mempelajari AI sehingga dapat memaksimalkan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadapi gempuran AI adalah tantangan yang menantang, tetapi juga membawa berbagai kesempatan untuk bertumbuh dan berinovasi. Bagaimana nih, sudah siapkah kamu menghadapi tantangan ini? –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA