Idul Fitri dan Amalan Rasulullah SAW

Idul Fitri dan Amalan Rasulullah SAW

Senja Ramadhan telah berakhir, kini berganti fajar Syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Keberkahan dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri tak terlepas dari amalan Rasulullah SAW. Dilansir dari laman Kementerian Agama RI, Rasulullah SAW mengajarkan beberapa amalan yang bernilai ibadah untuk dijalankan selama momen lebaran. Berikut adalah beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah SAW untuk menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Memperbanyak Takbir

Rasulullah SAW dikenal mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadhan hingga pagi hari pertama Syawal. Hal ini sejalan dengan ajaran Al-Qur’an yang menyerukan untuk memperbanyak takbir sebagai bagian dari penyelesaian ibadah Ramadhan.

Berhias dan Memakai Pakaian Terbaik

Idul Fitri adalah waktu yang tepat untuk berhias dan berpenampilan terbaik guna menunjukkan kebahagiaan dalam hari yang berkah ini. Berhias termasuk membersihkan diri, memotong kuku, menggunakan wewangian, dan mengenakan pakaian terbaik.

Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang dilarang untuk berpuasa. Sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri, Rasulullah SAW biasanya mengkonsumsi kurma dalam jumlah ganjil seperti tiga, lima, atau tujuh buah. Ini sesuai dengan hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah tidak berangkat ke tempat shalat sebelum memakan kurma dalam jumlah ganjil (HR. Ahmad dan Bukhari).

Shalat Idul Fitri

Rasulullah SAW menunaikan shalat Idul Fitri bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya, termasuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Beliau juga memilih rute perjalanan yang berbeda saat pergi dan pulang dari tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Selain itu, Rasulullah juga menunda pelaksanaan shalat Idul Fitri hingga matahari sudah setinggi tombak atau sekitar dua meter. Hal ini dilakukan agar umat Islam memiliki waktu yang cukup untuk menunaikan zakat fitrah.

Dengan demikian, menjalankan amalan-amalan sunnah seperti yang dilakukan Rasulullah SAW saat Idul Fitri tidak hanya akan menambah keberkahan dalam perayaan ini, tetapi juga membawa kebaikan dan keberkahan bagi umat Islam. Semoga kita semua dapat mengisi hari yang fitri ini dengan kebahagiaan dan kedekatan kepada Allah SWT.

PENGUMUMAN LAINNYA