Bersaing di Kancah Internasional, Mahasiswa INSTIKI Raih Gold Medal IPITEx 2024 di Thailand!

Bersaing di Kancah Internasional, Mahasiswa INSTIKI Raih Gold Medal IPITEx 2024 di Thailand!

Mahasiswa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional melalui inovasi revolusionernya pada ajang International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx), Thailand Inventors Day 2024 yang digelar di Bangkok, Thailand pada Jumat (02/02/2024) sampai dengan Rabu (06/02/2024).

IPITEx 2024 diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT). Ajang tersebut merupakan kompetisi penelitian dan expo inovasi produk pada tingkat Internasional yang ditujukan kepada seluruh inventor atau penemu hasil inovasi produk.

Mahasiswa INSTIKI, Dewa Gede Rai Candra Palguna atau yang akrab dipanggil Dewa Rai bersama dengan timnya dari SMAN 1 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar berinovasi membuat karya bernama “Smart Health Monitor”. Bersaing dengan 608 tim dari 25 negara, melalui karya tersebut Dewa Rai berhasil memboyong Gold Medal dalam ajang internasional, IPITEx 2024.

Berawal dari meningkatnya penderita penyakit nafas seperti pneumonia dan paru-patu kronis di Bali hingga menurunnya kesehatan masyarakat di Bali pada setiap tahunnya, karena hal tersebut tercetuslah karya Smart Health Monitor. Inovasi ini hadir dengan memberikan solusi mutakhir di bidang kesehatan.

Inovasi Smart Health Monitor Dipamerkan dalam IPITEx 2024

“Inovasi yang kami buat adalah Smart Health Monitor, merupakan sebuah perangkat revolusioner yang menggabungkan aplikasi dan stetoskop. Dengan kemampuan merekam suara organ dalam seperti paru-paru atau napas, Smart Health Monitor menggunakan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) untuk memeriksa gejala penyakit seperti pneumonia, bronkitis, atau penyakit paru-paru kronis,” jelas Dewa Rai.

Tak hanya itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan jadwal workout dan menu makanan sehat dalam 30 hari, kalkulator BMI (Indeks Massa Tubuh), dan fitur konsultasi kesehatan.

Pencapaian gemilang ini tidak hanya membanggakan bagi INSTIKI, tetapi juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi civitas akademika INSTIKI untuk terus berinovasi dalam menciptakan solusi-solusi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Selamat atas prestasi yang luar biasa, Dewa Rai! –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA