Hadir di Kampus INSTIKI, Kominfo Gelar Seminar Literasi Digital!

Hadir di Kampus INSTIKI, Kominfo Gelar Seminar Literasi Digital!

Hadir langsung ke kampus INSTIKI, Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo) menggandeng Relawan TI Chapter Bali menyelenggarakan Seminar Literasi Digital Sektor Sektor Perguruan Tinggi yang bertajuk “Jangan Asal Belanja Online: Ketahui Privasi dan Keamanannya”. Acara ini berlangsung pada Kamis (21/03/2024) bertempat di Aula INSTIKI – Kampus Teknologi Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Tujuan dari Seminar Literasi Digital ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya privasi dan keamanan di dunia yang serba digital ini bagi generasi muda, termasuk segenap mahasiswa INSTIKI.

Seminar Literasi Digital menghadirkan tiga narasumber berkompetensi sekaligus inspiratif. Ialah I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom selaku Dosen INSTIKI sekaligus Owner dari A1 Computer & CCTV, Tegar Syarifuddin Baharsyah S.I.Kom yang merupakan Asisten Wakil Rektor I Bidang Akademik Primakara University dan Social Media Observer, serta Ni Komang Ayu Diah Ambalika, S.M., M.B.A yakni Dosen Universitas Udayana.

I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom Menyampaikan Materi

Pembahasan menarik mengenai “Jangan Asal Belanja Online: Ketahui Privasi dan Keamanannya” dibahas oleh para narasumber bersama dengan peserta yang diikuti oleh mahasiswa INSTIKI.

Ragam modus penipuan turut dibahas, mulai dari bagaimana modus menjual barang palsu dengan harga murah, penjualan barang dengan money laundry, pencurian data lewat transaksi belanja, modus Cash on Delivery (COD), serta masih banyak lagi dibahas oleh narasumber.

Ni Komang Ayu Diah Ambalika, S.M., M.B.A Saat Menyampaikan Materi

Salah satu narasumber, I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom menyampaikan cara menghindari penipuan belanja online. Mulai dari reasonable yakni bagaimana mengelola informasi bahwa transaksi bisa diterima dengan akal sehat, trust yaitu yakin bahwa e-commerce tempat kita bertransaksi bisa dipercaya, merchant yakni melihat rating merchant, membaca review, dan deskripsi produk dengan baik. Lalu, yang terakhir adalah safe, yaitu memperhatikan cara pembayaran yang memang benar-benar aman.

“Mari kita rayakan teknologi, kita hormati ilmu pengetahuan, kita dukung semua bentuk kemajuan, tetapi semua harus demi mengangkat derajat manusia. Etika ada karena kita adalah manusia,” tutup I Wayan Sudiarsa, S.T., M.Kom.

Dengan digelarnya seminar ini, diharapkan mahasiswa Instiki dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya privasi dan keamanan dalam beraktivitas online, serta mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari. -(PDM)

Hadir di Kampus INSTIKI, Kominfo Gelar Seminar Literasi Digital!

PENGUMUMAN LAINNYA