Tampil di DTIK Festival 2024, Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Walikota Denpasar!

Pembukaan DTIK Festival 2024

Produk teknologi inovasi ciptaan civitas akademika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) tampil dalam Denpasar Teknologi Informasi Komunikasi Festival (DTIK Festival) Tahun 2024 yang bertema “Technology for Better Networking”, Kamis (21/03/2024) sampai dengan Sabtu (23/03/2024) di Dharma Negara Alaya (DNA). Antusiasme sangat tinggi, produk inovasi civitas INSTIKI mencuri perhatian Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E!

DTIK Festival 2024 dibuka langsung oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E pada Kamis (21/03/2024). Gelaran ini menghadirkan sebuah festival teknologi di Kota Denpasar yang tidak hanya sebagai ruang ekshibisi, namun juga sebagai sarana edukasi, penyaluran talenta, serta ajang bertukar gagasan mengenai dunia digital.

Dalam gelaran acara Pameran DTIK Festival 2024, INSTIKI kembali menampilkan beragam produk teknologi inovasi ciptaan civitas akademikanya. Produk inovasi tersebut menggabungan bidang teknologi untuk mendukung sektor pariwisata hingga budaya.

Ragam Produk Inovasi Civitas INSTIKI Tampil dalam Pameran DTIK Festival 2024

Dr. I Made Marthana Yusa, S.Ds., M.Ds selaku Ketua Pelaksana DTIK Festival 2024 INSTIKI menjelaskan bahwa produk yang ditampilkan di Pameran DTIK Festival 2024 merupakan kolaborasi dari civitas akademika INSTIKI, yang meliputi para dosen serta mahasiswa INSTIKI.

“Karya yang ditampilkan mulai dari Digi Prasta (Digitalisasi Prasasti dan Virtual Tour Museum Bali), sebuah inovasi yang dikembangkan untuk mendigitalisasikan prasasti dan virtual tour 360 pada Desa Batuan. Melalui inovasi ini, dapat menjelajahi indahnya visual arsitektur dari setiap bangunan pelinggih hingga informasi penjelasannya dengan cara yang mutakhir. Juga ditampilkan Tempat Sampah Pintar untuk mewujudkan layanan Bumdes berbasis green economy. Kedua karya tersebut telah berhasil meraih Pendanaan Matching Fund Kedaireka 2023,” jelasnya.

Antusiasme Para Siswa Mencoba Produk Inovasi Civitas INSTIKI

Di samping itu, turut dipamerkan game Satria Indonesia yang telah tersedia di Google Playstore yang berhasil meraih pendanaan dari Nyatakan.Id, dan EndekGAN, sebuah model Deep Learning Generative Adversarial Network untuk sintesis motif. Selain itu, dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), INSTIKI menampilkan PKM yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemasaran Madu Lebah Klanceng melalui pemberdayaan UMKM Raya Honei Sibetan yang dikelola oleh tuna wicara, serta membantu meningkatan kesejahteraan nelayan melalui pengelolaan pengeringan ikan berbasis Internet of Things (IoT) di kelompok nelayan Seraya Timur, Karangasem, Bali.

Antusiasme Para Siswa Mencoba Produk Inovasi Civitas INSTIKI

Kreatif dan inovatifnya karya-karya civitas akademika INSTIKI ini tidak hanya menyita perhatian para pengunjung secara umum, melainkan juga mendapatkan perhatian dari Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E.

“Jadi ketika Pak Walikota beserta jajarannya mengunjungi Pameran INSTIKI, Beliau sangat tertarik dengan Digi Prasta (Digitalisasi Prasasti dan Virtual Tour Museum Bali). Beliau tertarik dengan teknologi inovasi yang kita sampaikan,” jelas Dr. I Made Marthana Yusa, S.Ds., M.Ds.

“Kita mendapat kabar gembira bahwa Pak Walikota ingin mengajak kita kerja sama untuk mendigitalisasi warisan budaya Denpasar. Kedepan akan ada komunikasi lebih lanjut terkait kerja sama antara INSTIKI dengan Kota Denpasar tersebut,” lanjutnya.

Dosen INSTIKI, Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom Menjelaskan Produk Inovasi Civitas INSTIKI kepada Walikota Denpasar

Walikota Denpasar mengungkapkan bahwa inovasi yang ditampilkan kampus salah satunya INSTIKI sangatlah luar biasa dalam memberikan edukasi. Beliau juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Denpasar tidak hanya memberikan ruang pada pameran, tetapi juga memberikan ruang agar inovasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain mengambil bagian dalam pameran, civitas INSTIKI juga turut serta dalam workshop sebagai peserta, serta aktif mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan dalam DTIK Festival 2024. Keikutsertaan civitas akademika INSTIKI dalam rangkaian DTIK Festival 2024 ini merupakan wujud semangat dan dedikasi dalam mengembangkan kemampuan dan meraih prestasi.

Tidak berhenti sampai di sini saja, civitas akademika INSTIKI mulai dari tenaga pendidik, kependidikan, hingga mahasiswa, turut berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar, perguruan tinggi, serta stakeholder untuk mensukseskan gelaran acara DTIK Festival 2024. -(PDM)

Sebagian Tim INSTIKI dalam DTIK Festival 2024

PENGUMUMAN LAINNYA