Tingkatkan Kompetensi Dosen TI – Pariwisata INSTIKI, Prodi TI Gelar Workshop!

Tingkatkan Kompetensi Dosen TI – Pariwisata INSTIKI, Prodi TI Gelar Workshop!

Dalam upaya meningkatkan kompetensi dosen, Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menyelenggarakan Workshop/In House Training yang bertajuk “Penyelarasan Teknologi Informasi dalam Mendukung Industri Pariwisata” pada Kamis (14/03/2024) di Ruang 210 Kampus INSTIKI.

Workshop diawali dengan sambutan pembuka dari I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs, selaku Sekretaris Program Studi Teknik Informatika INSTIKI. Beliau menegaskan pentingnya para dosen INSTIKI khususnya pengampu mata kuliah pada Program Studi Teknik Informatika – Pariwisata dalam memperkuat wawasan keilmuan terkait dengan topik yang diangkat, yaitu penyelarasan teknologi informasi dalam mendukung industri pariwisata. Hal ini diharapkan agar ilmu yang diperoleh dapat dibagikan dan diterapkan kepada mahasiswa INSTIKI sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang sesungguhnya.

Sambutan dari I Gede Iwan Sudipa, S.Kom., M.Cs

Workshop ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman sekaligus inspiratif, Wayan Astika, S.E., Ak seorang Financial Controller di Harper Kuta Hotel, serta I Kadek Agus Bisena, S.Pd., M.Agb yang merupakan Resort Manager di Adiwana Unagi Suites Ubud.

Materi pertama disampaikan oleh Wayan Astika, S.E., Ak mengenai topik “Accounting for Hospitality Industry.” Dalam pemaparannya, Beliau secara rinci membahas mulai dari definisi akuntansi, siklus akuntansi, serta peran dan keunikan akuntansi dalam industri perhotelan. Diskusi juga meliputi topik penting seperti anggaran, hotel tax, teknologi informasi pariwisata di hotel, ragam program aplikasi hotel, dan peluang kerja di industri perhotelan.

Penyampaian dari Wayan Astika, S.E., Ak

“Senang sekali bisa berdiskusi dengan teman-teman para akademisi dari kampus INSTIKI mengenai topik akuntansi untuk hotel dan industri pariwisata. Keselarasan antara kampus dan dunia industri harus selalu dijaga agar mutu mahasiswa didik bisa bersaing dan segera diserap di pasar bursa kerja. Sukses terus INSTIKI,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan oleh I Kadek Agus Bisena, S.Pd., M.Agb yang membahas mengenai “Teknologi Informasi dalam Industri Pariwisata.” Pembahasan mengenai paradigma teknologi dalam industri pariwisata, klasifikasi industri pariwisata, peran teknologi, teknologi pendukung operasional hotel, sampai peluang dan tantangan dalam industri ini menjadi materi penting yang didiskusikan dalam kegiatan ini.

I Kadek Agus Bisena, S.Pd., M.Agb Saat Menyampaikan Materi

Dengan diselenggarakannya workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen Program Studi Teknik Informatika – Pariwisata di kampus INSTIKI sehingga dapat menciptakan lulusan yang siap bersaing dan memberikan kontribusi positif di industri pariwisata dan perhotelan. –(PDM)

Antusiasme Peserta Workshop Berdiskusi dengan Narasumber

PENGUMUMAN LAINNYA