DRPM INSTIKI Gelar Workshop Strategi Penyusunan Proposal Penelitian & PKM Hibah Kemdikbudristek 2024

DRPM INSTIKI Gelar Workshop Strategi Penyusunan Proposal Penelitian & PKM Hibah Kemdikbudristek 2024

Hadirkan narasumber berpengalaman, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (DRPM INSTIKI) menggelar Workshop Strategi Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Kemdikbudristek Tahun 2024, pada Kamis (07/03/2024) bertempat di Aula Kampus INSTIKI.

Pada kesempatan kali ini hadir langsung Dr. rer. nat. I Gusti Ngurah Agung Suryaputra, S.T., M.Sc dan Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si dari Universitas Pendidikan Ganesha menjadi narasumber.

Sambutan dari Rektor INSTIKI I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T mengawali kegiatan workshop ini. Beliau menekankan pentingnya ‘menyuburkan ladang INSTIKI’, melalui menggenjot penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut juga ditekankan untuk menanamkan value INSTIKI yakni ‘menjadi dan memberi.’

Dr. rer. nat. I Gusti Ngurah Agung Suryaputra, S.T., M.Sc Menyampaikan Materi

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. rer. nat. I Gusti Ngurah Agung Suryaputra, S.T., M.Sc yang menyampaikan tentang “Penulisan Proposal Penelitian dan Publikasi Hasil Penelitian.”

Mulai dari program penelitian dari Kemdikbudristek, tahapan seleksi, kesalahan-kesalahan yang kerap kali dijumpai dalam penyusunan proposal penelitian, bagaimana penulisan yang benar, serta publikasi hasil penelitian di jurnal internasional bereputasi, dibahas dengan rinci olehnya.

Suasana Workshop Strategi Penyusunan Proposal Penelitian & PKM Hibah Kemdikbudristek 2024

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si mengenai “Program Pengabdian kepada Masyarakat.”

“Pengabdian kepada masyarakat menjadi hilirisasi produk-produk hasil penelitian perguruan tinggi dengan paradigma problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan,” jelas Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si.

Beliau turut membahas tujuan program pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi, klasterisasi perguruan tinggi, fokus pengabdian kepada masyarakat di era MBKM, serta skema pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si Menyampaikan Materi

Dijelaskan pula mengenai pemberdayaan kepada masyakat berbasis kewirausahaan seperti Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM), Pemberdayaan Mitra Usaha Produk Unggulan Daerah (PM-UPUD), dan Pengembangan Udaha Kampus (PUK). Serta Pemberdayaan Berbasis Kewilayahan (PBW) yang mencakup Pemberdayaan Berbasis Wilayah (PBW), dan Pemberdayaan Desa Binaan (PDB).

Workshop ini juga diisi dengan mereview draf proposal yang telah disiapkan oleh dosen INSTIKI. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, di mana peserta dapat bertanya langsung kepada narasumber tentang strategi penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan para dosen INSTIKI dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat berkontribusi lebih maksimal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat. -(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA