Tradisi Ngelawang Barong di Hari Raya Galungan & Kuningan

Tradisi Ngelawang Barong di Hari Raya Galungan & Kuningan

Menjelajahi keberagaman budaya Indonesia memberikan pengalaman yang tak terbatas. Setiap daerah menyimpan kekayaan budaya dan tradisi yang unik, seperti yang ada di Bali. Beragam budayanya, mulai dari kuliner khas, seni kerajinan tangan, tarian, hingga tradisi adat istiadat. Salah satu warisan budaya yang tak dapat dilepaskan dengan Hari raya Galungan dan Kuningan di Bali adalah tradisi Ngelawang Barong. Civitas INSTIKI, yuk mengenal lebih dekat tradisi unik ini!

Ngelawang Barong

Ngelawang berasal dari kata “lawang,” yang berarti pintu. Itulah sebabnya tradisi ini dilakukan dari rumah ke rumah. Pelaksanaan Ngelawang melibatkan berkeliling banjar atau desa sambil mempersembahkan tarian Barong Bangkung. Ngelawang dilakukan setiap enam bulan sekali, berlangsung di antara perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Merayakan kemenangan kebenaran melawan kejahatan, Hari Raya Galungan memiliki keselarasan dengan esensi dan tujuan tradisi Ngelawang. Selain itu, pelaksanaan Ngelawang juga diselenggarakan pada hari-hari tertentu yang dianggap penting untuk mengusir wabah di suatu daerah.

Penolak Bala

Ngelawang Barong adalah tradisi yang dijalankan hingga kini sebagai upaya penolak bala dari segala macam musibah dan bencana di dunia ini. Tradisi ini diyakini dapat menetralisir pengaruh negatif rumah-rumah warga yang didatangi. Dengan harapan dapat dapat memberikan keberkahan serta kedamaian.

Ngelawang Barong dilakukan oleh sekaa atau kelompok yang terdiri dari kelompok anak-anak sampai remaja, biasanya berjumlah sekitar 8 hingga 15 orang. Dua di antaranya mengambil peran sebagai penari dengan mengenakan pakaian lengkap sesuai karakter Barong, sementara yang lain berperan sebagai penabuh gamelan. Selama berkeliling, para penonton atau masyarakat yang menikmati pertunjukan ini memberikan sedekah (punia) sebagai ungkapan terima kasih atas hiburan yang diberikan. Selain sebagai tolak bala, Ngelawang Barong juga menjadi tradisi yang dapat memberikan hiburan kepada masyarakat.

Itulah tradisi Ngelawang di Hari Raya Galungan dan Kuningan. Cari tahu tradisi unik dan wawasan informatif lainnya hanya di INSTIKI – kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali! -(PDM)

Sumber:

warisanbudaya.kemdikbud.go.id 
www.djkn.kemenkeu.go.id

PENGUMUMAN LAINNYA