Inilah 4 Dampak Begadang, Mahasiswa Wajib Tahu!

Inilah 4 Dampak Begadang, Mahasiswa Wajib Tahu!

Sebagai mahasiswa, ‘begadang’ pasti menjadi kata yang akrab denganmu. Bener nggak!? Dari nugas, maen game, sampai nonton drakor jadi kegiatan wajib di malam hari yang sering kali menggantikan waktu tidur.

Civitas INSTIKI, walapun terdengar sepele. Ternyata begadang memiliki dampak buruk bagi tubuh dan kesehatanmu. Nah, mari kita bahas bareng-bareng, karena ternyata ada inilah dampak begadang yang wajib untuk mahasiswa ketahui!

Menghancurkan Fokus dan Produktivitas

Begadang bisa membuat otak menjadi lambat dan kurang fokus, apalagi begadang dapat membuatmu mengantuk saat perkuliah berlangsung. Inilah efek dari kurang tidur. Bayangkan saja, semalam begadang untuk mengerjakan tugas, tetapi pas kuliah, mata melotot kayak zombie, fokus ilang, dan materi jadi nggak masuk. Akhirnya, merugikan diri sendiri, nih!

Risiko Kena Penyakit

Eh, tapi beneran, loh! Begadang bisa ngerusak sistem imun tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh menjadi rapuh, dan kita lebih rentan terkena penyakit. Jadi, kalau mau tubuh tetap fit, nggak ada salahnya tidur cukup dan menghindari begadang.

Mood Jadi Gampang Berubah-ubah

Begadang bikin mood jadi nggak stabil. Makanya, kalau kamu tiba-tiba jadi marah-marah atau murung, bisa jadi efek dari kurang tidur. Emosi yang nggak stabil ini bisa ngerusak hubunganmu dengan orang terdekat sampai performa akademis, loh!

Risiko Gangguan Metabolisme

Selain ngerusak fokus dan imun tubuh, begadang juga bisa ngacauin metabolisme. Proses penyerapan gula darah menjadi tidak efisien, dan risiko diabetes jadi meningkat. Wah, ini serius banget, guys! Jadi, jangan biarkan begadang jadi kebiasaan, ya.

Nah, itu dia empat dampak begadang yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa. Memang sih, tugas-tugas numpuk dan deadline sedang ngejar, tetapi kesehatan tetap nomor satu. –(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA