Kolaborasi INSTIKI & Widya Aksara, Tampilkan Inovasi Lontar Prasi AR di Bulan Bahasa Bali 2024

Kolaborasi INSTIKI & Widya Aksara, Tampilkan Karya Lontar Prasi AR di Bulan Bahasa Bali 2024

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) berkolaborasi dengan UMKM Widya Aksara, tampilkan karya inovasi Lontar Prasi AR dalam gelaran acara Bulan Bahasa Bali ke-VI Tahun 2024.

Bulan Bahasa Bali ke-VI Tahun 2024 yang mengusung tema “Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga” dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Drs. Dewa Made Indra, M.Si pada Kamis (01/02/2024) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali. Acara ini akan berlangsung sebulan penuh hingga 2 Maret 2024 mendatang.

Bulan Bahasa Bali menjadi wadah untuk menjaga dan merayakan kelestarian bahasa, aksara, dan sastra Bali. Drs. Dewa Made Indra, M.Si menegaskan bahwa Bulan Bahasa Bali adalah upaya untuk memastikan bahwa warisan bahasa, aksara, dan sastra Bali terus hidup, digunakan, dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Lontar Prasi AR
Lontar Prasi AR

Ikut serta lestarikan bahasa, aksara, dan sastra Bali, civitas akademika INSTIKI turut ambil bagian dalam Pameran Bulan Bahasa Bali. Civitas akademika INSTIKI melalui tim inAReality berkolaborasi dengan UMKM Widya Aksara mempersembahkan produk yang menggabungkan budaya Bali dengan teknologi Augmented Reality (AR) bernama Lontar Prasi AR. Sebuah inovasi yang memadukan kearifan lokal dengan teknologi modern.

Lontar Prasi AR

“Lontar Prasi AR sudah tersedia di platform Play Store. Cara kerjanya yaitu ketika discan pada Lontar Prasi, akan menghadirkan karakter 3D sesuai dengan jalan cerita yang terkandung dalam Lontar Prasi tersebut. Teknologi ini memberikan pengalaman dan cara belajar baru bagi generasi muda untuk mengenal lebih dekat budaya Bali khususnya Lontar Prasi Bali,” jelas Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom, dari tim inAReality.

Para pengunjung sangat antusias melihat produk Lontar Prasi AR. Tak terkecuali dari Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Drs. Dewa Made Indra, M.Si yang sangat antusias dan mengapresiasi produk inovasi Lontar Prasi AR tersebut. -(PDM)

Antusiasme Pengunjung Melihat Inovasi Lontar Prasi AR

PENGUMUMAN LAINNYA