Lestarikan Budaya, UKM Seniman Tari dan UKM Tabuh INSTIKI Gelar Workshop Nasional!

Lestarikan Budaya, UKM Seniman Tari dan UKM Tabuh INSTIKI Gelar Workshop Nasional!

UKM Seniman Tari dan UKM Tabuh “Arsanta Adhimukti” Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) berkolaborasi menggelar Workshop Nasional yang bertajuk “Yuvam Kala-Sanskritika Virasati Vikasayanti” pada Minggu (21/01/2024). Acara ini berlangsung di Aula Kampus INSTIKI dengan mengundang narasumber inspiratif.

Tema “Yuvam Kala-Sanskritika Virasati Vikasayanti” mengartikal tentang peran generasi muda dalam mengembangkan warisan seni dan budaya. Maka dari itu, diselenggarakan Workshop Nasional ini untuk mengajak generasi muda agar aktif dalam pelestarian budaya lokal dan menjadikannya sebagai kekuatan eksistensi budaya dalam menghadapi arus globalisasi. Seni Bali menjadi warisan budaya yang perlu dilestarikan agar tidak tergerus oleh globalisasi dan tetap lestari di era modern ini.

Penyampaian Materi oleh Narasumber

Workshop Nasional menghadirkan dua narasumber berpengalaman dalam bidang seni tari dan tetabuhan. Narasumber pertama, I Komang Dedi Diana, S.Sn., M.Si., adalah personil Clekontong Mas “Tompel” sekaligus merupakan dosen seni tari keagamaan di Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Pada kesempatan ini, Beliau memaparkan materi seni tari.

Narasumber kedua, I Ketut Gede Rudita, S.Sn., M.Si merupakan personil Clekontong Mas “Sokir” sekaligus dosen seni karawitan keagamaan di UNHI. Kali ini beliau membahas materi seni karawitan khususnya dalam seni tabuh. Kedua narasumber memberikan wawasan mendalam tentang seni tradisional yang kaya akan nilai dan makna. Acara ini dimoderatori oleh Sri Ayu Pradnya Larasari, S.Sn., M.Sn, seorang guru tari di Sanggar Seni Nrithya Graha Siwanataraja, yang juga seorang content creator dan influencer.

Sesi Praktik Tari

Workshop Nasional ini diawali dengan sambutan, pemaparan materi, sesi diskusi dan tanya jawab. Tak berhenti sampai di sana saja, acara dilanjutkan dengan sesi praktik tari dan tabuh bersama narasumber. Sesi ini menjadi sesi penting bagi para peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang sudah dibagikan oleh narasumber. Antusiasme peserta sangat terasa disepanjang acara berlangsung.

Kolaborasi antara UKM Seniman Tari dan UKM Tabuh “Arsanta Adhimukti” INSTIKI dalam workshop ini menciptakan ruang bagi generasi muda untuk mengeksplorasi dan melestarikan seni dan budaya. Semoga kegiatan ini dapat terus diselenggarakan untuk memupuk kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya Indonesia. -(PDM)

Workshop Nasional “Yuvam Kala-Sanskritika Virasati Vikasayanti”

PENGUMUMAN LAINNYA