Kunjungan INSTIKI ke FSRD IKJ: Bahas Kolaborasi Mewujudkan Rumah Komik dan Kartun di Bedahulu, Gianyar

Kunjungan INSTIKI ke FSRD IKJ: Bahas Kolaborasi Mewujudkan Rumah Komik dan Kartun di Bedahulu, Gianyar (Kiri-Kanan: Dr. Iwan Gunawan, S.Sn., M.Si; Dr. I Made Marthana Yusa, S.Ds., M.Ds; Wayan Sudarmadja, S.H., M.H; Bambang Tri Rahadian, S.Sn., M.Sn; Yere Agusto; alm Oky Arfie Hutabarat, S.Sn)

Kolaborasi antara Fakultas Bisnis dan Desain Kreatif Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) bersama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Kesenian Jakarta (IKJ) terus mengalami perkembangan!

Mengawali kerja sama, sebelumnya Fakultas Bisnis dan Desain Kreatif INSTIKI bersama FSRD IKJ telah berkolaborasi bersama-sama menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu. Acara kuliah tamu tersebut menjadi kegiatan pertama yang diselenggarakan, kemudian berlanjut dalam bentuk kerja sama yang lebih intens.

Tepat pada Selasa (19/12/2023), INSTIKI melaksanakan kunjungan ke kampus FSRD IKJ untuk membahas kolaborasi mewujudkan Rumah Komik dan Kartun di Bedahulu, Gianyar, Bali. Hadir langsung Direktur Humas dan Kerjasama INSTIKI, Dr. I Made Marthana Yusa, S.Ds., M.Ds bertemu dengan tim FSRD IKJ yang dipimpin oleh Bambang Tri (Beng) Rahadian, M.Sn dan Dr. Iwan Gunawan, S.Sn., M.Si. Dalam pertemuan ini, turut hadir Wayan Sudarmadja, S.H., M.H, seorang pengamat dan kolektor seni yang memiliki koleksi terbesar dan terlengkap di Indonesia, terutama dalam kategori karya kartun dan komik.

(Kiri-Kanan: Wayan Sudarmadja, S.H., M.H; Dr. Iwan Gunawan, S.Sn., M.Si; Bambang Tri Rahadian, S.Sn., M.Sn; Dr. I Made Marthana Yusa, S.Ds., M.Ds)

Wayan Sudarmadja, S.H., M.H menyampaikan aspirasi dari kartunis senior Indonesia untuk menciptakan wahana apresiasi, ruang bernaung, dan preservasi karya-karya kartun bersejarah di Indonesia. Ide mengenai pendirian ruang preservasi karya kartun dan komik dengan konsep serupa museum menjadi bagian penting dalam diskusi tersebut.

Audiensi berlanjut dalam forum yang melibatkan pihak FSRD IKJ, termasuk Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Anindyo Widito, M.Sn, serta Alm. Oky Arfie Hutabarat, S.Sn, selaku Kepala Satuan Kerjasama dan Komunikasi FSRD IKJ. Audiensi turut dihadiri oleh Yere Agusto, pentolan PAKARTI yang juga sedang menggiatkan wadah kreatif kreasi yang bernama House of Cartoon Mania (HOCA-CARMA). Kesepakatan tercapai antara FSRD IKJ bekerja sama dengan Fakultas Bisnis dan Desain Kreatif INSTIKI dalam mendukung realisasi wadah preservasi karya kartun. Wadah ini kemudian akan ditempatkan dalam satu area dengan Rumah Komik yang sudah eksis di Bedahulu, Gianyar, Bali. Dokumen kerja sama pun akan diwujudkan untuk mengatur rincian kerja sama yang terjalin antara kedua institusi pendidikan ini.

Audiensi Fakultas Bisnis dan Desain Kreatif INSTIKI bersama dengan FSRD IKJ

Tepat pada Jumat (05/01/2024), INSTIKI menerima berita duka dari FSRD IKJ mengenai berpulangnya rekan Alm. Oky Arfie Hutabarat, S.Sn. Segenap civitas akademika INSTIKI turut berduka cita atas berpulangnya Beliau. Civitas akademika INSTIKI berharap almarhum tenang di alam spiritual yang melampaui alam manusia, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Kepergian Beliau memberikan kesedihan, namun semangat kolaborasi untuk menciptakan Rumah Komik dan Kartun tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan terhadap Beliau serta sebagai upaya mewujudkan rumah bagi warisan seni kartun dan komik Indonesia.

PENGUMUMAN LAINNYA