Workshop “Mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Menuju Program Studi Berdaya Saing Nasional” Digelar!

Workshop “Mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Menuju Program Studi Berdaya Saing Nasional” Digelar!

Jumat (12/01/2024), telah terselenggara Workshop “Mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Menuju Program Studi Berdaya Saing Nasional” Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) Tahun 2024 yang bertempat di Aula INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Rektor INSTIKI, I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T, membuka workshop dengan menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini tentu sangat bagus untuk menambah pengalaman. Dapat memperoleh masukan dan arahan sehingga bisa menjadi pembelajaran berharga untuk INSTIKI ke depannya.

Sambutan Rektor INSTIKI I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T

Lebih lanjut, Beliau turut mengemukakan bahwa dengan menggali Sistem Penjaminan Mutu Internal, INSTIKI dapat meningkatkan mutu, menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diterima di masyarakat.

“Ketika sistem sudah berjalan, dampaknya akan berkelanjutan. Dengan sistem yang kuat, INSTIKI akan lebih mampu bersaing,” tambahnya.

Workshop dilanjutkan dengan sambutan serta pemaparan materi oleh narasumber. Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, S.E., M.Si, Dosen FEB Universitas Udayana menjadi narasumber dalam workshop ini.

Prof. Dr. Ni Wayan Sri Suprapti, S.E., M.Si Menjadi Narasumber

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sendiri merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Sementara, Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) adalah kegiatan penilaian melalui akreditasi untuk menentukan kelayakan dan tingkat pencapaian mutu program studi dan perguruan tinggi.

Beliau menjelaskan pentingnya akreditasi sebagai hasil dari sistem penjaminan mutu yang efektif. “Akreditasi adalah hasil dari seberapa baik sistem penjaminan mutu berjalan. Tanpa mutu yang baik, sulit mendapatkan akreditasi yang optimal,” ujar Prof. Sri Suprapti.

Selain itu, Beliau mengupas implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dan bagaimana mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal menuju program studi yang berdaya saing.

Sesi Diskusi dalam Workshop “Mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Menuju Program Studi Berdaya Saing Nasional” 

Dengan terselenggaranya workshop tersebut, besar harapan INSTIKI dapat semakin meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal menuju program studi di INSTIKI yang berdaya saing di tingkat nasional. -(PDM)

PENGUMUMAN LAINNYA