Kenalan dengan Kotlin Yuk! Simak Kelebihan serta Kekurangannya!

Mengenal Kotlin Bersama Kampus IT Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara – INSTIKI (Foto Karya: Aris Leoven)

Mahasiswa IT pasti udah gak asing lagi nih sama bahasa pemrograman Kotlin. Kotlin sangat populer akhir-akhir ini, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh bahasa pemrograman ini mulai dari lintas platform, sintaksnya yang sederhana, dan mudah dimengerti untuk pemula di bidang IT.

Tahu gak sih!? Banyak pengembang mulai beralih menggunakan bahasa pemrograman ini. Kali ini, yuk berkenalan dengan salah satu bahasa pemrograman terpopuler, ialah Kotlin!

Apa Saja Kelebihan Kotlin Dibanding yang Lain?

Interoperabilitas yang Luas

Kotlin dirancang untuk dapat berintegrasi dengan sempurna dengan kode Java. Sehingga memungkinkan pengembang untuk menggunakan perpustakaan Java secara langsung, dan tentu saja dapat memperluas fleksibilitas dan kemampuan para pengguna Kotlin.

Kode yang Lebih Ringkas

Sintaks yang ditawarkan Kotlin jauh lebih ringkas dan mudah dipahami dibandingkan Java. Maka dari itu dapat membantu pengguna bahasa pemrograman Kotlin dengan mudah untuk menulis kode, sehingga dapat meringkas waktu penggunanya dalam membuat code.

Dukungan untuk Berbagai Platform

Kotlin mendukung penggunanya untuk dapat lintas platform, memungkinkan penggunanya untuk dapat menjadi pengembang tidak hanya di Android saja namun juga bisa ke server side, dan juga pengembangan aplikasi web dengan bantuan framework seperti Kotlin/JS.

Apa Saja Kekurangan Kotlin?

Bagaimana, cukup tertarik dengan bahasa Kotlin? Selain memiliki kelebihan, Kotlin juga memiliki kekurangannya. Selanjutnya kita akan menyimak kekurangan Kotlin untuk menjadi bahan pertimbangan ketika memilih bahasa pemrograman yang ingin dipelajari.

Kurangnya Dokumentasi yang Komprehensif

Salah satu kekurangan Kotlin adalah kurangnya dokumentasi terkait pembelajaran bahasa Kotlin itu sendiri, sehingga ini dapat membuat pemula kesusahan menemukan informasi yang dibutuhkan saat mempelajarinya ataupun menggunakannya.

Kesulitan dan Migrasi

Akan sulit untuk melakukan migrasi pada proyek yang sudah ada, dan itu cukup memakan waktu.

Ketergantungan pada Ekosistem Java

Terkadang Kotlin terlalu bergantung pada ekosistem Java, karena hal tersebut dapat membatasi inovasi yang harusnya dapat dilakukan secara independen.

Setiap bahasa pemrograman pastilah mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk Kotlin. Semoga informasi di atas dapat menjadi pertimbangan kamu saat memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari secara maksimal.

(RMDYH)

PENGUMUMAN LAINNYA