Bahas Keamanan Siber, Founder Honeynet Project Jadi Narasumber “Praktisi Mengajar”

Bahas Keamanan Siber, Founder Honeynet Project Jadi Narasumber “Praktisi Mengajar”

Undang praktisi berpengalaman, Program Studi Rekayasa Sistem Komputer Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menggelar acara Praktisi Mengajar Bidang “Keamanan Siber” pada Kamis (30/11/2023) bertempat di Lab B Kampus INSTIKI.

“Kegiatan Praktisi Mengajar ini dalam rangka hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Tujuannya untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda bagi mahasiswa. Langsung bertemu praktisi, materi-materi yang disajikan benar-benar dipakai di dunia kerja,” jelas Koordinator Program Studi Rekayasa Sistem Komputer INSTIKI, I Gede Andika, M.Kom.

Dalam kegiatan ini, Dr. Ir. Charles Lim, B.Sc., M.Sc hadir langsung ke kampus INSTIKI untuk menjadi narasumber dengan membawakan materi bidang “Keamanan Siber”. Beliau merupakan Dosen dari Swiss German University sekaligus Founder Honeynet Project.

Praktisi Mengajar Bidang “Keamanan Siber”

Mengawali pembahasan, Beliau menyampaikan tentang data security yang mencakup tentang pemahaman perbedaan antara data dengan informasi, ancaman terhadap data, memahami tentang keamanan data dan risiko yang terkait dengan data compromise, elemen-elemen keamanan lainnya, potensi kerugian akibat kehilangan data, serta cara implementasi keamanan data.

Selain itu dibahas pula securing operating system (Windows & Mac OSX), browser security, email security, malware, advanced persistence threat, authentication, security vs privacy, serta risk management. Informasi tersebut tidak hanya memberikan pemahaman akan pentingnya keamanan siber, melainkan juga menambah wawasan mahasiswa INSTIKI terhadap bidang keamanan siber yang akan sangat berguna ketika ingin berkarir di bidang ini nantinya.

Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Narasumber, Dr. Ir. Charles Lim, B.Sc., M.Sc 

PENGUMUMAN LAINNYA