Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Rekayasa Sistem Komputer INSTIKI Hadirkan Founder IBINET Global Nusatindo!

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Prodi Rekayasa Sistem Komputer INSTIKI Hadirkan Founder IBINET Global Nusatindo!

Program Studi Rekayasa Sistem Komputer Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menyelenggarakan Kompetensi Kampus Merdeka 2023 “Praktisi Mengajar Bidang VSAT” pada Sabtu (25/11/2023) bertempat di Ruang 210 dan Lapangan Basket INSTIKI.

Koordinator Program Studi Rekayasa Sistem Komputer INSTIKI, I Gede Andika, M.Kom, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda, di mana mahasiswa dapat langsung belajar dengan praktisi di bidangnya serta mendapatkan materi yang relevan dengan dunia kerja.

Muhammad Anshori Menjadi Narasumber

Pada kegiatan ini dihadirkan langsung Founder IBINET Global Nusatindo Muhammad Anshori untuk membahas Teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) kepada mahasiswa INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

VSAT yang merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, adalah sistem komunikasi satelit yang menggunakan antena berukuran kecil untuk menghubungkan Remote Station dengan Hub Station melalui satelit. Muhammad Anshori menjelaskan bahwa VSAT memiliki peran penting dalam menyediakan akses komunikasi global, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur telekomunikasi darat.

Dijelaskan pula bahwa teknologi VSAT turut punya peran vital dalam situasi darurat atau bencana alam. Karena komunikasi melalui VSAT memungkinkan penyedia bantuan penanggulangan bencana untuk tetap berhubungan dan berkoordinasi dalam situasi yang mendesak. Serta, VSAT juga dipergunakan dalam pemantauan lingkungan, seperti pemantauan hutan, perubahan iklim, atau daerah terpencil yang sulit diakses oleh manusia. Selain itu, Muhammad Anshori turut memaparkan aspek-aspek teknis yang terkait dengan teknologi VSAT.

Mahasiswa INSTIKI Praktik Langsung Bidang VSAT

Dalam kegiatan ini, mahasiswa INSTIKI tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga diajak praktik langsung mengenai teknis teknologi VSAT bersama narasumber praktisi, Muhammad Anshori bertempat di Lapangan Basket INSTIKI. Antusiasme positif mahasiswa INSTIKI sangat terasa selama kegiatan berlangsung.

Dengan diselenggarakannya Praktisi Mengajar Bidang VSAT, mahasiswa INSTIKI dapat memperoleh wawasan teoritis dan praktis di bidang teknologi VSAT. Besar harapan, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga semakin siap memasuki dunia kerja nantinya.

PENGUMUMAN LAINNYA