Praktisi Mengajar PK-KM 2023 Bidang “Artificial Intelligence” Sukses Terselenggara!

Praktisi Mengajar PK-KM 2023 Bidang “Artificial Intelligence” Sukses Terselenggara!

Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menyelenggarakan Praktisi Mengajar PK-KM 2023 Bidang “Artificial Intelligence” pada Jumat (01/12/2023) di Kampus Teknologi Terbaik di Bali – INSTIKI!

Kegiatan ini merupakan bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) yang bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam kepada mahasiswa. Dalam kegiatan Praktisi Mengajar kali ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan dari praktisi di industrinya langsung serta memperoleh materi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Narasumber pada acara ini adalah Dr. Ir. Lukas, MAI., CISA., IPM, seorang Dosen di Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya yang juga menjabat sebagai Chairman of Indonesia AI Society (IAIS). Beliau membawakan materi yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini, yaitu “Berinovasi dengan Artificial Intelligence (AI).”

Dr. Ir. Lukas, MAI., CISA., IPM Menjadi Narasumber

Pembahasan dimulai dengan mengeksplorasi film-film terbaik sepanjang masa yang berkaitan dengan artificial intelligence dan robotika. Pendekatan ini memberikan daya tarik tersendiri bagi mahasiswa INSTIKI untuk memahami AI dengan lebih mudah. Beliau juga turut menyampaikan definisi AI, konsep Super AI, Society 5.0, serta sejarah perkembangan kecerdasan buatan di dunia.

Tidak hanya sebatas konsep, tetapi dalam sesi ini mahasiswa juga dibawa untuk mengenal lebih dekat aplikasi AI dalam berbagai bidang dan industri. Salah satu contohnya adalah konsep fully robotic kitchen yang memperlihatkan masa depan di mana robot dapat memasak di dapur secara mandiri. Selain itu tak kalah menarik, ditampilkan pengalaman belanja dengan teknologi Virtual Reality (VR), menunjukkan bagaimana teknologi telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan produk dan layanan di sektor ritel.

Acara ini tidak hanya memberikan wawasan teoritis, melainkan juga memberikan gambaran tentang bagaimana aplikasi teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan dihadirkannya praktisi berpengalaman, mahasiswa INSTIKI tidak hanya mendapatkan wawasan baru, tetapi juga terinspirasi untuk lebih memahami serta dapat mengaplikasikan konsep-konsep bidang AI.

PENGUMUMAN LAINNYA