Hadirkan Cara Belajar Interaktif, Civitas INSTIKI Ciptakan Video Animasi Solutif di SD Muhammadiyah 3 Denpasar

Hadirkan Cara Belajar Interaktif, Civitas INSTIKI Ciptakan Video Animasi Solutif di SD Muhammadiyah 3 Denpasar

Hadirkan cara pembelajaran baru yang solutif, civitas Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) selenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) melalui Penerapan Video Pembelajaran Bagian dan Fungsi pada Tanaman untuk Kelas 4 SD Muhammadiyah 3 Denpasar, tepat pada Selasa (31/10/2023).

Dosen INSTIKI yang terdiri dari Welda, S.Kom., M.T.I, Aniek Suryanti Kusuma, M.Kom, Ayu Manik Dirgayusari, S.Kom., M.MT, I Nyoman Agus Suarya Putra, S.Sn., M.Sn, dan I Gusti Agung Indrawan, S.T., M.T, serta bersama dengan mahasiswa INSTIKI menghadirkan cara pembelajaran baru lewat Penerapan Video Pembelajaran Bagian dan Fungsi pada Tanaman untuk Kelas 4 SD Muhammadiyah 3 Denpasar.

PKM ini berkolaborasi bersama dengan SD Muhammadiyah 3 Denpasar. Diwakilkan oleh guru di SD Muhammadiyah 3 Denpasar, civitas INSTIKI berdiskusi bersama, mengumpulkan data, analisis permasahan serta kebutuhan di SD Muhammadiyah 3 Denpasar. Berdasarkan proses tersebut, tercetus ide untuk menghasilkan suatu produk teknologi yang dapat membantu pihak sekolah khususnya guru dalam memberikan pengajaran kepada siswa-siswanya melalui membangun video animasi 2D interaktif.

Civitas INSTIKI Berdiskusi Bersama Pihak SD Muhammadiyah 3 Denpasar

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk menghadirkan cara pembelajaran baru bagi siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah 3 Denpasar. Tujuan utamanya adalah berkontribusi dalam membangun suatu media pembelajaran berupa video yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi-materi di sekolah, dalam hal ini khususnya mengenai Bagian dan Fungsi pada Tanaman, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” jelas Welda, S.Kom., M.T.I.

Setelah melalui tahap pengembangan dan pembuatan video, lalu dilanjutkan dengan tahapan diuji coba agar dapat diterapkan kepada siswa kelas 4. Selanjutnya, tim civitas INSTIKI kemudian melakukan sosialisasi dan pelatihan cara penggunaan dan pemanfaatan video animasi kepada guru di SD Muhammadiyah 3 Denpasar.

 Para Siswa Belajar Melalui Menonton Video Animasi 2D Karya Civitas INSTIKI – Kampus IT Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara

Diharapkan melalui dikembangkannya video animasi 2D oleh civitas INSTIKI ini dapat menambah bahan ajar kepada para siswa serta membantu para guru di SD Muhammadiyah 3 Denpasar untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif namun efektif kepada para siswa.

PENGUMUMAN LAINNYA