Founder & CTO Narasio Data Hadir ke Kampus INSTIKI Membahas Data Science!

Founder & CTO Narasio Data Hadir ke Kampus INSTIKI Membahas Data Science!

Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar PK-KM 2023 Bidang Data Science pada Selasa (21/11/2023) bertempat di Lab I INSTIKI – Kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Hadirkan praktisi berpengalaman, Farida, S.Kom., M.Kom menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau bukan hanya sebagai Co-Founder & CTO Narasio Data, namun juga Women Tech Makers Google Cloud Surabaya, sekaligus merupakan Advisor Data Science Indonesia (DSI) East Java Region. Pada kesempatan ini, Farida membawakan materi yang mengangkat topik menarik, “Data Alchemy: Transforming Insights with BigQuery Studio.”

Praktisi Mengajar PK-KM 2023 Bidang Data Science

Data Science adalah bidang yang melibatkan pemahaman, interpretasi, dan pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam mengambil keputusan. Maka dari itu, data science tak terlepas dengan alat ataupun platform yang mendukung pengelolaan data yang besar dan kompleks. BigQuery Studio adalah salah satu produk dari Google Cloud Platform yang dirancang khusus untuk membantu dalam analisis data.

Dalam pembahasannya, Farida menjelaskan konsep data science yang mencakup irisan atau gabungan dari business, quantitative, dan computational. Selain itu, dilanjutkan dengan pentingnya memahami proses analisis bisnis, yang mencakup pemahaman bisnis, pengumpulan data, pengembangan model analitis, serta visualisasi dan pelaporan.

Farida, S.Kom., M.Kom Menjadi Narasumber

Perbandingan antara BigQuery dengan BigQuery Studio turut menjadi pembahasan dalam penyampaiannya. Farida menyajikan mengenai fitur editor kueri, visualisasi data, dan kolaborasi dalam kedua platform tersebut.

“BigQuery Studio lebih mudah digunakan, lebih komprehensif dari segi visualisasi data, dan lebih efisien dalam hal kolaborasi dan berbagi data,” jelas Farida. Namun, keputusan untuk menggunakan BigQuery ataupun BigQuery Studio tetap tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Single interface for all data teams, maximize productivity and collaboration, unified security and governance, juga dibahas olehnya. Antusiasme positif para peserta dalam kegiatan ini sangat terasa disepanjang kegiatan berlangsung.

Antusiasme Peserta dalam Acara Praktisi Mengajar PK-KM 2023

Diharapkan dengan terselenggaranya Praktisi Mengajar PK-KM 2023 ini dapat memberikan wawasan mengenai bidang data science dari praktisi berpengalaman kepada civitas akademika INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA