Bahas Profesi Insinyur Informatika, INSTIKI Bersama PII & IAII Wilayah Bali Gelar Webinar Beyond Bits and Bytes

Bahas Profesi Insinyur Informatika, INSTIKI – Kampus IT Terbaik di Bali Bersama PII & IAII Bali Gelar Webinar Beyond Bits and Bytes

Kolaborasi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) bersama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Wilayah Bali sukses menggelar Webinar Beyond Bits and Bytes: Menggali Pentingnya Profesi Insinyur Informatika, pada Selasa (21/11/2023) di Aula INSTIKI. Acara ini diinisiasi untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai karier dari profesi insinyur informatika.

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor IV INSTIKI, Dr. Ir. Putu Sugiartawan, S.Kom, Agb., M.Cs. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang menghadirkan narasumber berpengalaman seperti ini akan memberikan informasi penting bagi mahasiswa terkait karier pasca lulus S1 di INSTIKI, terutama dalam konteks profesi Insinyur Informatika. Selanjutnya, acara disambung dengan sambutan dari Prof. Dr. Ir. I Made Oka Widyantara, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng selaku Ketua IAII Wilayah Bali.

Webinar ini mengundang dua narasumber berpengalaman. Narasumber pertama adalah Hariyono Kasiman, S.T., M.Kom, yang merupakan Dewan Penasehat Badan Kejuruan (BK) Informatika Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Ketua Umum Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII).

Hariyono Kasiman, S.T., M.Kom Saat Menyampaikan Materi

Dalam paparannya, Beliau memperkenalkan bidang “Informatika” serta IAII dan BKI-PII. Selain itu, topik yang dibahas mencakup kualifikasi tenaga kerja di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kebutuhan tenaga kerja, proses link & match business matching.

Beliau juga memberikan tips kepada para peserta, “Teruslah belajar, bangun dan jaga pertemanan karena attitude adalah kunci dari kesuksesan, serta kuasai diri sendiri.”

Narasumber kedua adalah Assoc. Prof. Ir. Siswanto, M.M, M.Kom, CADS, yang merupakan Wakil I Sekretaris BK Informatika PII sekaligus Sekretaris Jenderal IAII. Membahas mengenai Sosialisasi Profesi Insinyur, Beliau menjelaskan secara mendetail mengenai dasar hukum keinsinyuran, tahapan penyelenggaraan keinsinyuran di Indonesia, bagaimana memperoleh gelar Ir, serta sertifikat insinyur profesional untuk SIP.

Assoc. Prof. Ir. Siswanto, M.M, M.Kom, CADS Menjadi Narasumber

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mampu membuka wawasan para peserta mengenai potensi dan pentingnya profesi insinyur informatika. Semoga, melalui wawasan yang dibagikan, dapat menjadi awal terciptanya generasi insinyur informatika yang memiliki daya saing unggul dan berkontribusi positif dalam perkembangan teknologi di masa depan.

PENGUMUMAN LAINNYA