Bantu Petani Garam di Klungkung Tingkatkan Penjualan, Civitas INSTIKI Kembangkan Website E-Commerce Natural Bali Kulkul

Bantu Petani Garam Klungkung Tingkatkan Penjualan, Civitas INSTIKI Kembangkan Website E-Commerce Natural Bali Kulkul

Kembali berkontribusi kepada masyarakat khususnya kepada petani garam di Kabupaten Klungkung, civitas akademika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) membantu mengembangkan website e-commerce Natural Bali Kulkul dan mendesain kemasan untuk meningkatkan penjualan dan produktivitas petani garam di Klungkung!

Civitas akademika INSTIKI yang meliputi Dosen INSTIKI I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, I Putu Agus Eka Darma Udayana, S.Kom., M.T, dan I Gede Adi Sudi Anggara, S.Kom., M.Sn sebagai Anggota Pelaksana Kegiatan, bersama dengan mahasiswa INSTIKI, I Gusti Nyoman Surya Adi Putra, Gede Agatha Satria Sudjana, Ida Bagus Nyoman Surya Berata Keniten, dan Aditya Caesar Rahardiansyah, melaksanakan kegiatan hibah Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) Kemendikbudristek Dikti Tahun 2023 dengan judul “Website E-Commerce untuk meningkatkan Penjualan dan Produktivitas Petani Garam di Klungkung.”

Dalam upaya membantu para petani garam, civitas INSTIKI berkolaborasi dengan Natural Bali Kulkul yang merupakan produsen garam laut yang telah bekerja sama dengan ratusan petani kecil untuk memberdayakan produk lokal di Desa Jumpai, Klungkung, Bali.

Civitas INSTIKI Bersama Petani Garam

Tepat pada Senin (13/11/2023), telah dilaksanakan Pelatihan Pengelolaan Transaksi Online di Website E-Commerce Natural Bali Kulkul naturalbalikulkul.com yang dilakukan di Jl. Raya, Jumpai, Dusun kangin, Kabupaten Klungkung, Bali.

“Kegiatan ini merupakan pelatihan kedua setelah sebelumnya diadakan kegiatan pemberian bantuan sebuah website e-commerce untuk Natural Bali Kulkul dan Pelatihan Pengelolaan Produk di Website Natural Bali Kulkul,” jelas I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T.

Pelatihan Pengelolaan Transaksi Online di Website E-Commerce Natural Bali Kulkul

Website Natural Bali Kulkul dirancang langsung oleh civitas INSTIKI untuk memudahkan manajemen transaksi jual beli melalui website agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Dengan website ini, pelanggan akan dimudahkan dalam melakukan pembayaran secara online karena website Natural Bali Kulkul sudah terintegrasi dengan QRIS dan Payment Gateway sehingga dapat menghasilkan virtual account untuk memudahkan transaksi yang menjangkau hampir seluruh bank di Indonesia. Selain itu, civitas INSTIKI juga membantu merancang desain kemasan produk Natural Bali Kulkul agar menjadi lebih menarik.

Diharapkan melalui dilaksanakan PMP ini, civitas INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dapat memberikan kontribusi nyata serta kebermanfaatan sosial kepada masyarakat khususnya petani garam di Kabupaten Klungkung.

PENGUMUMAN LAINNYA