Kreatif Berwirausaha, 2 Tim INSTIKI Pamerkan Produk Inovasinya di KMI Expo XIV se-Indonesia

Kreatif Berwirausaha, 2 Tim INSTIKI – Kampus Swasta Terbaik di Bali Pamerkan Produk Inovasinya di KMI Expo XIV se-Indonesia

Kreatif berwirausaha, dua tim mahasiswa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) terpilih untuk menampilkan produk inovasinya dalan acara Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIV Tahun 2023 yang berlangsung pada (15/11/2023) sampai dengan (17/11/2023) di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Mengangkat tema “Entrepreneurs in Disruption Era: Adaptation Innovation and Collaboration”, KMI Expo menjadi acara bergengsi yang mewadahi bertemunya para wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mengenalkan produknya, dan juga membangun jejaring. Dua tim mahasiswa INSTIKI yang berasal dari tenant Inkubator Bisnis (INBIS) INSTIKI lolos dalam mengikuti Pameran KMI Expo XIV untuk menampilkan produk inovasi kewirausahaan terbaiknya.

“Sebanyak dua tenant kita (INBIS INSTIKI) lolos seleksi KMI Expo XIV se-Indonesia,” jelas Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom selaku Direktur INBIS INSTIKI.

“Jadi yang pertama kita di Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) mengirim empat tim dan yang lolos tiga, dan dari tiga itu lolos untuk mengikuti Pameran KMI Expo XIV adalah dua tenant yakni Sari Sedana Tornado dan Nirmala Makeup,” lanjutnya.

I Putu Gede Sedana Putra Lesmana Mempresentasikan Produk Wirausaha Sari Sedana Tornado 

Tim dari Sari Sedana Tornado diketuai oleh I Putu Gede Sedana Putra Lesmana, beranggotakan Yosep Naru dan Lalu Galang Dwi Gunawan, serta dibimbing oleh Dosen INSTIKI Ayu Gede Willdahlia, S.E., M.M. Sari Sedana Tornado berinovasi membuat cemilan sehat yang berbahan dasar kentang dengan menambahkan berbagai toping serta bumbu yang menggugah selera. Dengan adanya inovasi ini, Sari Sedana Tornado turut membantu para petani lokal.

Sementara, tim Nirmala Makeup kreatif berwirausaha dengan menawarkan layanan make-up dan hair-do modern dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan adat tradisional. Tim Nirmala Makeup diketuai oleh Pande Ni Made Sintha Nirmala Putri, beranggotakan Kadek Indria Krisma Dewi dan I Nyoman Kompiang Kumarandana serta dibimbing langsung oleh Dosen INSTIKI, Ni Putu Suci Meinarni, S.H., LL.M.

Tim Nirmala Makeup, Pande Ni Made Sintha Nirmala Putri Saat Menata Rias Salah Satu Pengunjung Pameran KMI Expo XIV

Suksesnya kedua tim mahasiswa tersebut dalam mengikuti KMI Expo XIV tidak terlepas dari peran INBIS INSTIKI sebagai fasilitator sekaligus membina mahasiswa yang ingin membuat usaha, yang sudah memiliki usaha, serta yang ingin meningkatkan usahanya. Salah satu pencapaian yang telah diraih INBIS INSTIKI adalah membina Sari Sedana Tornado dan Nirmala Makeup sehingga dapat lolos mengikuti KMI Expo XIV.

Nirmala Makeup

“Fasilitas untuk mereka berproses, kemudian pendampingan dari awal sampai lolos, pendampingan dari mentor-mentor dosen pendamping, serta pelatihan-pelatihan intensif seperti pada bidang keuangan, desain grafis, HKI, dan lainnya kita lakukan selama mereka berproses mengikuti P2MW sampai lolos KMI Expo XIV,” jelas Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom. Ia turut berharap di tahun berikutnya lebih banyak tim dari mahasiswa INSTIKI yang lolos untuk mengikuti KMI Expo.

PENGUMUMAN LAINNYA