Lulus Tanpa Skripsi, Mahasiswa Prodi TI INSTIKI Tuntaskan S1 dengan Jalur Publikasi Internasional!

Lulus Tanpa Skripsi, Mahasiswa Prodi TI INSTIKI Tuntaskan S1 dengan Jalur Publikasi Internasional!

Tepat pada Rabu (08/11/2023), Ni Putu Juni Rahayu Dewi, mahasiswa Teknik Informatika, berhasil menuntaskan jenjang S1 di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalui jalur publikasi International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) 2023 dengan penelitian yang berjudul “Application of Long Short-Term Memory (LSTM) and Gated Recurrent Unit (GRU) Algorithm in Gold Price Prediction.” Juni Rahayu membuktikan bahwa menyelesaikan jenjang S1 di INSTIKI tidak hanya dapat diselesaikan melalui jalur skripsi, melainkan dapat pula melalui jalur publikasi!

“Berawal dari Bank Dunia yang mengatakan bahwa harga emas akan naik pada tahun 2023 karena pengaruh dari melemahnya nilai Dolar AS, perang Rusia dan Ukraina yang terus berlanjut, serta tingkat inflasi yang tinggi. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk membantu investor dan pelaku pasar keuangan dalam mengambil keputusan yang baik dalam melakukan investasi,” jelas Juni Rahayu.

Dengan judul penelitian “Application of Long Short-Term Memory (LSTM) and Gated Recurrent Unit (GRU) Algorithm in Gold Price Prediction”, penelitian yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memprediksi harga emas dunia dengan menggunakan dua algoritma Deep Learning, yaitu algoritma Long Short Term Memory (LSTM) dan algoritma Gated Reccurent Unit (GRU).

Ir. Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G, S.Kom., M.Kom. IPM selaku Pembimbing 1

Juni Rahayu mengungkapkan bahwa penelitian yang telah dipublikasikan secara internasional ini cukup menantang, namun dapat dituntaskan dengan sangat baik berkat bimbingan serta dukungan dari Ir. Ni Luh Wiwik Sri Rahayu G, S.Kom., M.Kom. IPM selaku Pembimbing 1, dan I Wayan Dharma Suryawan, S.Kom., M.Cs selaku Pembimbing 2.

Juni Rahayu membuktikan bahwa menyelesaikan jenjang S1 di INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara tidak hanya dapat diselesaikan melalui jalur skripsi, melainkan dapat pula melalui jalur publikasi.

Lulus Tanpa Skripsi, Mahasiswa Prodi TI INSTIKI Tuntaskan S1 dengan Jalur Publikasi Internasional!

PENGUMUMAN LAINNYA