Mengenal Frugal Living ala Warren Buffett!

(Sumber: kompas.com)

Salah satu orang terkaya di dunia dan investor kenamaan, Warren Buffett menjadi salah satu orang yang menerapkan gaya frugal living. Frugal living adalah gaya hidup yang mempertimbangkan keputusan pemanfaatan uang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Konsep frugal living menuntut pelakunya untuk cermat dan hemat dalam membeli atau membelanjakan uang, sehingga mampu memaksimalkan apa yang dimiliki untuk hal-hal bermanfaat.

Civitas INSTIKI, yuk mengenal lebih dekat gaya frugal living ala Warren Buffett, gaya hidup yang membuatnya bisa menjadi seperti sekarang!

Temukan Cara Kreatif dalam Berhemat

Warren Buffett telah menetap di rumah sederhana di Omaha, Nebraska selama lebih dari 60 tahun dan memilih mobil yang tergolong sederhana dan ekonomis. Meskipun memiliki passive income dari investasinya, Buffett tidak tergoda oleh kemewahan.

Di sinilah pentingnya memanfaatkan sumber daya dengan bijak serta bijaksana dalam membeli barang konsumtif.

Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Buffett tidak terpengaruh oleh tren terkini. Prioritasnya adalah bijak dalam mengelola pendapatan, menabung, dan berinvestasi, bukan menghabiskan uang untuk keinginan konsumtif.

Bangun Lebih Banyak Side Hustle dan Hindari Utang Konsumtif

Pentingnya utang produktif untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis dibanding utang konsumtif. Mengurangi utang yang bersifat konsumtif dan membatasi nilai utang hingga sepertiga dari pendapatan dapat menjaga keuangan pribadi tetap sehat.

Tidak Berinvestasi dari Uang Pinjaman

Buffett muda pernah meminjam uang untuk dibelikan saham, namun dia memperingatkan investor lain agar tidak mengulangi kesalahan yang sama tersebut. Berdasarkan pengalaman Buffet, meminjam untuk berinvestasi bisa sangat berisiko dikemudian hari.

Dari gaya frugal living ala Warren Buffett tersebut, teruslah belajar, bijaklah dalam mengelola uang, dan siapkan dirimu untuk meraih masa depan yang lebih baik. Temukan artikel edukatif dan menarik lainnya dengan mengakses website kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalui instiki.ac.id.

PENGUMUMAN LAINNYA