FDBL Goes to INSTIKI: Hadirkan Documentary Film Director Arfan Sabran!

Sambutan dari Dr. I Ketut Sutarwiyasa, S.Sn., M.Si

Roadshow Festival Dokumenter Budi Luhur (FDBL) Goes to Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) sukses menyelenggarakan Special Talkshow Film Producing yang bertajuk “Create a True Story to be Art Works”, Selasa (31/10/2023) yang berlokasi di Aula INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Acara diawali dengan rangkaian sambutan mulai dari perwakilan FDBL, serta dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Bisnis dan Desain Kreatif Dr. I Ketut Sutarwiyasa, S.Sn., M.Si yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi civitas akademika agar dapat membuka wawasan baru dan pengalaman baru dari narasumber inspiratif.

FDBL Goes to INSTIKI: Hadirkan Documentary Film Director Arfan Sabran!

Arfan Sabran, seorang Documentary Film Director dan Storyteller Expert menjadi narasumber dalam acara ini. Ia telah menghasilkan berbagai karya film terbaik dan menginspirasi, seperti “Bara (The Flame),” “Silent Blues of The Ocean,” dan “Ininnawa – an Island Calling”.

Salah satu poin penting yang dibagikan oleh Arfan Sabran adalah pentingnya merencanakan distribusi film sejak awal. Ia menjelaskan bahwa keberhasilan sebuah film tidak hanya tergantung pada proses produksi, tetapi juga pada bagaimana film tersebut akan didistribusikan. Distribusi dapat melalui berbagai saluran seperti bioskop, penyiaran televisi, festival film, universitas, dan bahkan platform media Over-The-Top (OTT) seperti Netflix, TikTok, YouTube, dan lainnya. Pemahaman tentang distribusi tersebut sangat dapat membantu para penggiat film.

Arfan Sabran Menjadi Narasumber

Arfan Sabran juga menjelaskan bahwa proses produksi film melibatkan beberapa tahapan, termasuk tahap development, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Setiap tahap memiliki peranannya masing-masing dalam menghasilkan sebuah karya film yang berkualitas. Ia memberikan wawasan tentang bagaimana menjalani setiap tahap dengan efektif dan efisien.

Melalui kehadiran Arfan Sabran dalam acara Roadshow FDBL Goes to INSTIKI, diharapkan dapat memberikan wawasan tentang perkembangan dunia perfilman Indonesia khususnya dalan film dokumenter sehingga dapat menginspirasi generasi muda untuk menciptakan karya seni yang berkualitas dan sarat akan makna.

FDBL Goes to INSTIKI

PENGUMUMAN LAINNYA