Civitas INSTIKI Gelar Pelatihan SIG: Latih Para Guru Geografi se-Kota Denpasar!

Civitas INSTIKI Gelar Pelatihan SIG: Latih Para Guru Geografi se-Kota Denpasar!

Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui program INSTIKI Community Service (ICS). Dalam rangka ini, tim yang dipimpin oleh dosen INSTIKI, I Kadek Adiana Putra, S.Pd. M.Si, I Wayan Gede Wardika, S.Pd. M.Pd, dan Ni Kadek Ayu Nirwana, M.M menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis IT untuk Guru Geografi se-Kota Denpasar, Bali. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu (20/09/2023) sampai dengan Jumat (22/09/2023) yang berlokasi di SMA Negeri 11 Denpasar.

Kegiatan Pelatihan SIG ini dilatarbelakangi atas pentingnya meningkatankan kualitas pengajaran para guru kepada para siswa, khususnya dalam kemampuan melakukan analisis spasial dan pengolahan data digital berbasis SIG. Maka dari itu, para guru Geografi dari Kota Denpasar menjadi peserta pada Pelatihan SIG ini. Guru-guru Geografi tersebut mengampu mata pelajaran Geografi yang membahas Sistem Informasi Geografis (SIG) di kelas X semester genap dan kelas XII IPS di semester ganjil.

Sebelumnya, para siswa hanya diberikan pemahaman teori saja. Namun, dengan perkembangan kurikulum saat ini yang ditambah dengan program P5, membutuhkan pembelajaran dan pemahaman yang lebih mendalam dari para guru agar dapat mengembangkan potensi siswa khusunya di bidang Sistem Informasi Geografis (SIG).

Pelatihan oleh Civitas INSTIKI

Berlangsung selama tiga hari, dosen INSTIKI menyampaikan materi yang diselaraskan dengan silabus dan tujuan pembelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG). Untuk mengukur keberhasilan program ini, dilakukan uji pre-test dan post-test. Hasilnya menunjukkan bahwa para guru memperoleh peningkatan pemahaman tentang SIG dari awalnya 68,157 menjadi 81. Ini menandakan terjadi peningkatan pengetahuan guru melalui pelatihan ini.

Dengan mengadopsi aplikasi Arc GIS, para guru Geografi kini mampu membawa pembelajaran ke tingkat yang lebih praktis. Mereka tidak hanya mengandalkan teori belaka, melainkan mampu menerapkan praktik sederhana pada materi SIG. Termasuk dalam pembuatan peta dasar sesuai standar Badan Informasi Geospasial (BIG).

Pelatihan ini memberikan dorongan positif kepada guru-guru Geografi di Kota Denpasar untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam materi Sistem Informasi Geografis (SIG), sehingga nantinya diharapkan dapat peningkatkan kualitas pengajaran menjadi lebih baik lagi.

PENGUMUMAN LAINNYA