Prodi TI INSTIKI Gelar FGD Bidang Deep Learning untuk Penguatan Bidang Artificial Intelligence!

Prodi TI INSTIKI Gelar FGD Bidang Deep Learning untuk Penguatan Bidang Artificial Intelligence!

Tingkatkan kompetensi dosen dalam pengajaran, Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menyelenggarakan Lokakarya atau Forum Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi Staf Pengajar Bidang Deep Learning untuk Penguatan Bidang Artificial Intelligence”. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (21/10/2023) bertempat di Ruang 511 INSTIKI – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Pada kegiatan FGD ini hadir langsung Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs, yang merupakan Dosen Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha menjadi narasumber.

Pembahasan materi diawali dengan penyampaian definisi Artificial Intelligence (AI) oleh Gede Sunarya. Ia menyampaikan bahwa AI merupakan cabang ilmu komputer yang berusaha mereplikasi atau mensimulasikan kecerdasan manusia dalam sebuah mesin, sehingga mesin dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Dr. I Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs Menyampaikan Materi

Selain itu, pembahasan menarik mengenai sejarah AI turut disinggung, perbedaan antara AI, Machine Learning (ML), dengan Deep Learning (DL), serta materi mendalam mengenai AI, ML, sampai pada DL.

“Machine Learning (ML) merupakan bagian dari AI. ML mengacu pada sistem AI yang dapat belajar sendiri berdasarkan algoritma. Sistem ML menjadi lebih pintar dari waktu ke waktu tanpa campur tangan manusia,” jelasnya.

Sementara, “DL adalah ML yang diterapkan pada kumpulan data yang besar”, lanjutnya.

Forum Group Discussion (FGD)

Turut dibahas pula salah satu inovasi mutakhir yakni, Simulasi Heading Quadcopter Drone dalam Pemantauan Posisi Lumba-lumba pada Citra UAV Berbasis U-Net. Akhir kegiatan FGD ini ditutup dengan diskusi interaktif antara peserta FGD yang diikuti oleh dosen INSTIKI bersama dengan narasumber.

FGD ini menjadi salah satu terobosan INSTIKI untuk meningkatkan kompetensi para dosen INSTIKI dalam pengajaran bidang Deep Learning (DL) untuk penguatan bidang Artificial Intelligence (AI).

Penyerahan Piagam Penghargaan kepada Narasumber

PENGUMUMAN LAINNYA